Rahasia sukses dengan pelayanan yang berkualitas
6 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views:
Comments: 0
halooo

Rahasia sukses dengan pelayanan yang berkualitas

Dalam membangun sebuah usaha atau perusahaan tentu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu dalam sebuah perusahaan tentunya dibutuhkan karyawan karyawan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi.

Salah satunya adalah tim customer service, yakni bagian dari karyawan perusahaan yang tugasnya adalah untuk memberikan pelayanan terhadap customer dan mampu meyakinkan customer agar percaya dan tertarik sehingga customer menjadi loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Maka dari itu dalam memilih tim customer service haruslah mencari yang berkualitas dimana tim customer service ini memiliki karakter yang melayani dan mengayomi bukan sebaliknya karakter yang minta dilayani.

???????????????????????????????????????????Pasalnya jika tim customer memiliki karakter yang minta dilayani seakan akan mereka menjadi memiliki berhak atas penjualan tersebut sehingga tidak terfokuskan pada pelayanan customer.

Hal ini bisa dibuktikkan pada bukti faktanya, bahwa beberapa toko yang memiliki CS minta dilayani mereka menjadi bersikap judes, cuek dan kurang melayani customer dengan baik.

Apabila tim customer service memiliki karakter yang melayani maka CS ini dapat dipastikan dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan sehingga mampu membuat pelanggan dapat bersikap loyal dan meyakinkan pelanggan agar setia dan percaya dengan produk dan jasa perusahaan anda.

Perlu dipahami bahwa dalam membangun sebuah bisnis yang hebat semata mata bukan hanya sekedar mementingkan keuntungan saja dengan melakukan promosi secara gencar dan menjual produk sebanyak banyak nya tapi juga tergantung dengan pelayanan yang baik dan berkualitas akan sangat mempengaruhi reputasi dan kredibilitas sebuah bisnis.

Dengan kata lain pelayanan yang buruk dan tidak berkualitas akan dapat membuat citra baik perusahaan menjadi tercoreng hanya karena tim CS anda tidak bersikap baik dan tidak professional. Akibatnya perusahaan akan mengalami kesulitan dalam memperoleh kepercayaan dari pelanggan.

Tapi karakter dari tim customer service sebuah perusahaan tidak lain dan tidak bukan berorientasi pada tanggung jawab pimpinan perusahaan dimana pimpinan perusahaan bertanggung jawab penuh atas mindset pelayanan setiap customer service. Karena sudah pasti dalam melaksanakan tugas customer service diberi pengarahan oleh pimpinan dalam menjalankan tugas.

6136_business-peopleMaka dari itu perusahaan harus mengembangkan professional para customer service dan selalu memberikan pencerahan dan solusi dalam menangani segala permasalahan yang sulit dalam pelayanan pelanggan.

Pastikan pimpinan perusahaan wajib melakukan evaluasi kinerja setiap harinya.

Disamping itu pimpinan perusahaan juga harus mempersiapkan sistem, strategi, etika, attitude  dan mindset yang berkualitas bagi customer service sebagai tolak ukur dalam mewujudkan pelayanan yang unggul. Tak hanya itu saja, pemberian bekal ilmu bagi customer service harus diberikan dengan tepat dan baik dengan petunjuk yang jelas dan sederhana agar customer service bisa menerapkannya dengan baik.

Karena rahasia sukses meraih pelanggan setia adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Oleh sebab itu perusahaan harus mampu merangkul dan meningkatkan kepercayaan dan keyakinan diri para tim cuatomer service dalam memberikan pelayanan yang berkualitas sempurna.

Life insurance conceptTapi ingat jangan menerapkan sistem kinerja yang ketat dan banyak aturan, karena sistem kinerja seperti ini hanya akan membuat kinerja customer service menjadi terkekang dan tidak nyaman.

Boleh saja perusahaan menerapkan sistem kinerja tapi perusahaan juga harus memberikan ruang bagi tim CS untuk berpikir kreatif dan bekerja dengan nyaman.

Karena bila customer service bekerja dengan rasa yang bahagia dan nyaman maka akan membawa efek positif ke dalam pelayanan pelanggan yang berkualitas.

Selain rahasia meraih pelanggan setia pelayanan yang berkualitas, ada 2 tips rahasia lainnya yang bisa anda pelajari yaitu

  • Pertama, mengetahui betul apa yang diinginkan customer kemudian memberikan segala kemudahan bagi customer untu mendapatkan apa yang diinginkannya.
  • Kedua, senyuman yang tulus kepada pelanggan. Salah satu upaya pelayanan yang berkualitas sempurna adalah dengan memberikan roh kebaikan dan menyebarkan aura aura positif melalui sebuah senyuman yang tulus.

Meski hal yang sangat sederhana, tapi perlu anda pahami bahwa senyuman yang tulus selalu diberikan kepada pelanggan maka akan dapat memberikan rasa hormat dan peduli kepada pelanggan yang membutuhkan bantuan anda. Karena senyuman yang tulus dapat menentukan seberapa senang dan nyamannya anda kepada pelanggan. Dengan begitu pelangganpun akan ikut senang dan terbawa nyaman.

Pastikan Anda menjadi customer service yang pribadi baik dan tulus dalam melayani pelanggan bukan menjadi robot pelayanan yang menuruti apa yang dikatakan pihak lain karena adanya rasa ketakutan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.