Membangun Kesadaran Service Excellence Di Perusahaan
7 November 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views:
Comments: 0
halooo

Membangun Kesadaran Service Excellence Di Perusahaan

Membangun kesadaran service excellence di perusahaan itu penting dilakukan. Mengapa? Karena dengan memberikan pelayanan yang baik, maka pelanggan perusahaan akan tidak segan kembali membeli produk dari perusahaan tersebut. Service excellence merupakan salah satu komponen yang wajib untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan baik perusahaan penyedia di bidang jasa maupun di bidang barang atau akomodasi tertentu dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat dewasa ini.

Memang service excellence merupakan suatu sistem manajemen yang kompleks di suatu perusahaan, namun apabila semua pihak atau stakeholder dalam perusahaan tersebut mau berkomitmen, maka dapat dipastikan bahwa service excellence akan berjalan maksimal.

Komitmen yang dibangun tersebut yakni memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh customer perusahaan. Sebelum membahas terlalu jauh mengenai pentingnya membangun kesadaran service excellence di perusahaan, alangkah lebih baiknya membahas dasar-dasar dalam service excellence sebagai berikut.

Pengertian Service Excellence

Graphic designers in a meetingSecara umum, service excellence merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh sebuah pelayanan jasa atau penyediaan barang dalam hal ini sebuah perusahaan untuk memberikan layanan terbaik bagi para customernya.

Pelayanan tersebut berasal dari seluruh pegawai yang bekerja dalam perusahaan tersebut. Service excellence bertujuan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan yang bertujuan agar pelanggan selalu loyal kepada perusahaan tersebut.

Service excellence harus berdasarkan pada bagaimana cara memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang pelanggan impikan, atau secara sederhananya, service excellence adalah upaya sebuah perusahaan untuk menjadikan pelanggannya adalah seorang raja.

Pentingnya Membangun Kesadaran Service Excellence Di Perusahaan

190562-OXLUVH-103Service excellence ternyata sangat penting dalam perjalanan kesuksesan suatu perusahaan. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal. Yang pertama, pelanggan adalah seorang raja.

Dalam hal ini, pelanggan memang membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Namun, setelah mendapatkan apa yang pelanggan butuhkan, ia juga akan menilai seberapa bagus pelayanan yang diberikan.

Apabila pelayanan memuaskan, maka pelanggan tidak akan segan untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.

Hal yang kedua yakni service excellence menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Hal itu karena apabila pelanggan merasa puas dengan barang atau jasa yang dihasilkan serta puas dengan pelayanan yang diberikan, maka pelanggan akan bersikap loyal kepada perusahaan tersebut sehingga akan berdampak positif terhadap keuntungan penjualan yang akan diterima oleh perusahaan.

Sudah paham terkait dengan pengertian service excellence dan pentingnya membangun kesadaran service excellence di perusahaan. Lalu bagaimana cara untuk membangun kesadaran service excellence di perusahaan? Ada beberapa cara untuk membangun kesadaran service excellence di perusahaan antara lain.

  • Memiliki passion. Seluruh pegawai yang bekerja dalam sebuah perusahaan jasa atau penyedia barang harus memiliki passion yang besar. Dengan passion yang besar akan memberian dampak terhadap semangat kerja. Apabila semangat kerja membara, maka secara otomatis service excellence akan bisa terbentuk dalam diri setiap pegawai.
  • Progresif. Dengan service excellence yang telah terbentuk pada setiap diri pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut, maka mereka akan senantiasa memikirkan hal baru tentang bagaimana cara memberikan service excellence yang lebih menarik. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada pelanggannya.

Demikian informasi terkait dengan pentingnya membangun kesadaran service excellence di perusahaan serta cara untuk menumbuhkan service excellence dalam diri masing-masing pegawai yang akan memberikan dampak positif terhadap keuntungan perusahaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.