7 Trik Memberikan Pelayanan Optimal Kepada Pelanggan Di Hotel
22 February 2018
Category:
Blog
Service Excellence Views:
Comments: 0
halooo

7 Trik Memberikan Pelayanan Optimal Kepada Pelanggan Di Hotel

Daya saing bisnis perhotelan sangat kompetitif. Hal ini menyebabkan beberapa hotel kecil tidak mampu bersaing dengan hotel-hotel besar berbintang yang memiliki modal besar. Akibatnya operasional hotel harus tutup dan gulung tikar. Untuk beradaptasi sekaligus bertahan dari persaingan yang kompetitif, melakukan pelayanan yang lebih prima sangat diperlukan. Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda memberikan pelayanan optimal yang dapat menjaga keberlangsungan bisnis hotel milik Anda.

Sediakan teknologi terbaru di hotel

robothotel6_3376025a-largePenggunaan teknologi terbaru tidak hanya berlaku untuk perusahaan publik saja. Namun penyedia jasa seperti hotel juga membutuhkan penggunaan teknologi terbaru untuk memberikan pelayanan terbaik bagi tamu.

Teknologi ini akan membantu Anda mengelola berbagai hal dari manajemen hingga administrasi keuangan hotel.

Sehingga pembagian kerja menjadi lebih efektif. Lebih penting penggunaan teknologi ini akan membantu hotel Anda mengakomodir kebutuhan tamu dari ketersediaan kamar, reservasi kamar dan berbagai kebutuhan tamu lainnya.

Jenis kamar yang bervariasi

Kebutuhan kamar untuk masing-masing orang tidak sama. Beberapa orang memilih jenis kamar dengan pemandangan langit di lantai atas. Sementara beberapa orang lebih memilih pemandangan hijau di depan hotel. Pelayanan optimal hanya dapat Anda berikan dengan cara menghadirkan jenis kamar yang lebih bervariasi.

Tidak hanya jenis-jenis kamar mewah di lantai atas, namun Anda juga harus menyediakan kamar di lantai bawah dengan konsep lain yang ditawarkan. Ketersediaan jenis kamar yang berbeda juga berarti menyesuaikan dengan budget tamu.

Makanan yang enak

6-istilah-yang-perlu-dipahami-turis-saat-makan-di-resto-hotel-160524e_3x2Selain menginap, tamu juga membutuhkan fasilitas restoran yang memadai. Sering kali pihak hotel lebih memilih menyediakan jenis-jenis makanan yang lebih bervariasi dari makanan lokal hingga western.

Sayangnya kesiapan menyediakan variasi makanan ini tidak disertai dengan kualitas yang menyebabkan rasanya tidak sesuai harapan tamu.

Selain menyediakan makanan yang bervariasi, jangan lupa untuk memastikan rasa makanan yang berkualitas tinggi. Mengingat kepuasan tamu salah satunya karena makanan yang disediakan tidak hanya berkualitas namun juga memiliki citarasa tinggi dengan olahan terbaik.

Fasilitas seperti di rumah

Bagi mereka yang sering kali melakukan perjalanan, hotel merupakan rumah kedua. Sangat penting membuat hotel mampu memberikan rasa nyaman seperti saat berada di rumah sendiri. Sayangnya hotel hanya memikirkan fasilitas yang lengkap tanpa memedulikan kenyamanan yang diberikan.

Untuk pelayanan yang lebih optimal, ketersediaan fasilitas tidak hanya lengkap namun juga mempertimbangkan kenyamanan tamu. Seperti ketersediaan tempat bermain untuk anak untuk tamu yang menginap dengan keluarga besar. Atau ketersediaan bar hingga dapur pribadi yang membuat tamu dapat meracik makanan dan minuman sesuai kebutuhan.

Front desk yang sangat informatif

2e212857ff225c0cfe6226d5f4efb5bb--front-desk-resort-spaHal kecil ini sering kali diremehkan pengelola hotel. Mengingat meja informasi ini tidak banyak dimanfaatkan para tamu.

Namun untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal, Anda harus memaksimalkan fungsi dari meja depan ini. Buat meja depan customer service ini menjadi lebih maksimal dalam pelayanan.

Tidak hanya melayani informasi mengenai hotel saja, namun front desk juga harus menyediakan informasi mengenai destinasi wisata terdekat. Hingga hal-hal menarik yang dapat dieksplorasi tamu untuk mengisi waktu selama menginap di hotel.

Buat program diskon harga pada low season

Potongan harga menjadi salah satu cara yang sangat efektif dalam memberikan pelayanan lebih optimal. Pasalnya potongan harga ini akan membuat biaya reservasi lebih murah. Pengeluaran untuk penginapan juga menjadi lebih hemat.

Pada season tertentu, buatlah program diskon harga yang akan memangkas beberapa persen harga asli dari sewa kamar. Tentunya diskon harga ini tetap harus didukung dengan kualitas kamar dan fasilitas terbaik sehingga pelanggan lebih puas dan nyaman selama menginap.

Buat paket menginap menarik

Pelanggan akan merasa puas saat kebutuhannya terpenuhi. Tamu hotel akan merasa puas dan harus datang lagi saat hotel mampu memenuhi kebutuhan menginap yang diinginkan. Untuk kepuasan yang lebih optimal, Anda pihak pengelola hotel tidak hanya harus menyediakan kamar yang bervariasi.

Namun Anda dapat membuat strategi promo dengan paket-paket menginap yang menarik. Paket menginap ini tidak hanya dapat membuat harga lebih murah namun juga disesuaikan dengan kebutuhan tamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.