5 Cara Cerdas Memberikan Pelayanan Prima pada Pelanggan
23 February 2016
Category:
Uncategorized Views: 946
Comments: 0

5 Cara Cerdas Memberikan Pelayanan Prima pada Pelanggan

 

Setiap perusahaan atau pelaku usaha pasti mendambakan memiliki pelanggan atau konsumen yang loyal dan setia. Hal ini sejalan dengan kesempatan dari bisnis atau usaha yang sedang digeluti agar bisa meraih pasar yang diinginkan. Tidak jarang dari beberapa pelaku usaha rela dan ikhlas memberikan pelayanan prima guna memuaskan pelanggannya. Apa saja tips-tips serta langkah utamanya dalam menyajikan pelayanan prima? Berikut ini pembahasannya satu- persatu untuk Anda sebagai tambahan informasi dan referensi.

1.     Anda tahu bagaimana cara sebaiknya untuk meminta maaf. Memang kenyataannya pelanggan tidak selalu benar akan hal-hal tertentu, tetapi tetap saja konsumen atau pembeli adalah raja, mereka bersikap sebagai seorang pemenang. Ketika ada suatu kejadian atau permasalahan muncul dan tidak diharapkan yang bisamengurangi kepuasan bagi pelanggan, sebaiknya segera meminta maaf dengan tulus demi memberikan pelayanan prima terbaik. Anda bisa berbesar hati untuk meminta maaf dan tentu saja pelanggan akan memaafkan Anda. Jangan mempertahankan ego serta gengsi untuk meminta maaf, karena semua ini dilakukan juga untuk keberlangsungan usaha serta memertahankan konsumen Anda.

Pelayanan Prima Bank

2.     Menyapa dengan tulus dan ikhlas terhadap pelanggan Anda dengan cara menyebutkan namanya. Pelanggan akan merasa dihargai karena kita menyebutkan namanya dengan benar. Selain itu kedekatan antara konsumen serta produsen bisa terjalin dan pelayanan pada akhirnya bisa dilakukan dengan baik. Apabila konsumen atau pelanggan terlalu banyak dan Anda mengalami kesulitan menghafalkan nama mereka, Anda bisa menggunakan nama khusus seperti Kakak, Sista, Bos dan masih banyak lagi yang lainnya sebagai sarana mengakrabkan diri kepada pelanggan.

3.     Melakukan pemberdayaan kepada setiap konsumen atau pelanggan Anda dimanapun berada. Sebagai pimpinan suatu badan usaha, tidak selamanya Anda selalu berada di ruang kerja. Maka dari itu sebagai bentuk pelayanan optimal pada para pelanggan setia, Anda bisa melakukan pelayanan prima kepada pelanggan meskipun keadaan tidak memungkinkan atau Anda masih di luar kota. Selalu lakukan pelayanan terbaik dan jika bisa langsung dari Anda tanpa diwakilkan, agar pelanggan semakin percaya dengan usaha dan kerja keras Anda.

Training service excellence rumah sakit

4.     Anda bisa mendengarkan apa saja permintaan dari pelanggan dan langkah selanjutnya bisa dilakukan follow up. Hal ini dilakukan dengan segera supaya konsumen atau pelanggan Anda merasa tertarik dan melakukan transaksi pembelian. Sebagai contoh nyata, apabila pelanggan menginginkan Anda menghubungi mereka saat produk baru muncul, segera hubungi pelanggan tersebut supaya mereka merasa diterima dan disambut dengan baik oleh Anda. Selalu sampaikan berita terupdate mengenai perkembangan usaha serta produk-produk andalan Anda kepada para konsumen, agar mereka mendapat informasi dan juga bisa memesan produk sesuai kebutuhan serta stok yang ada.

5.     Usahakan untuk selalu memberikan jawaban ya kepada pelanggan.  Hal ini cenderung sulit dilakukan, apalagi jika pelanggan mulai mengajukan permintaan aneh serta sangat menyulitkan Anda. Tetapi untuk menunjang keprofesionalitasan dalam bekerja dan memberikan pelayanan, Anda selaku pengusaha atau pelaku bisnis sebaiknya memberikan jawaban ya, supaya pelanggan Anda dapat terpuaskan dengan pelayanan yang sudah diberikan. Selalu sampaikan kepada pelanggan atau konsumen bahwa Anda berusaha mengabulkan berbagai permintaan serta keinginan mereka. Dengan sikap ini, pelanggan akan merasa berterimakasih sudah diperhatikan, meskipun upaya kita belum maksimal.

satpam

Semoga kelima tips jitu di atas bisa Anda coba dan terapkan dalam kehidupan pekerjaan, dan bisa memberikan pelayanan prima kepada konsumen terutama pelanggan setia Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>