Training Pelayanan Pelanggan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
29 January 2013
Category:
Training Views: 2,794
Comments: 0

Training Pelayanan Pelanggan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

images2Training pelayanan pelanggan adalah salah satu training yang wajib diberikan kepada staff-staff ujung tombak perusahaan yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Staff yang memiliki tugas berhadapan langsung dengan pelanggan adalah kunci utama calon pelanggan dan pelanggan mengetahui tentang perusahaan. Citra perusahaan pun dicerminkan dari bagaimana staff tersebut dalam melayani pelanggan. Jika kita sebagai pemilik perusahaan, pastinya kita ingin mendapatkan citra baik dari para pelanggan maupun calon pelanggan kita. Namun demikian, terkadang masih banyak yang belum mengetahui tentang training pelayanan pelanggan itu seperti apa. Bagi yang belum mengetahui tentang apa itu pelatihan untuk pelayanan pelanggan yang sangat penting untuk staff-staff ujung tombak perusahaan, di artikel ini akan dijabarkan sedikit mengenai apa saja training yang perlu diberikan dan tentunya beserta dengan efek apa yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan memiliki staff yang sudah memahami tentang teknik pelayanan pelanggan tersebut.
Beberapa training yang sangat diperlukan oleh para staff yang akan langsung berhadapan dengan konsumen antara lain:

  • Sapaan ramah kepada pelanggan:
    memberikan sapaan kepada pelanggan maupun calon pelanggan adalah sangat penting. Dengan memberikan sapaan kepada pelanggan, sedikit banyak akan menunjukkan bagaimana perusahaan menghormati pelanggan. Selain itu, jika dimungkinkan staff juga bisa menggunakan sapaan beserta dengan nama dari pelanggan tersebut. Jika seseorang sudah sangat sering melakukan pembelian, maka nama orang tersebut harus dicatat dan mulai diberikan perlakuan khusus ketika datang kembali sebagai tanda bahwa perusahaan sangat berbahagia dengan kepercayaan orang tersebut untuk selalu membeli produk dari perusahaan. Hal ini terlihat sepele namun besar hasilnya jika dilakukan dengan serius dalam sebuah perusahaan.
  • Menunjukan lokasi-lokasi produk kepada pelanggan:
    satu lagi hal penting yang harus diingat dan diterapkan oleh perusahaan pada para staff ujung tombaknya yaitu mengenai bagaimana membuat pelanggan merasa nyaman dalam melihat-lihat produk yang di pajang di etalase. Pastinya anda sudah sangat mengerti tentang kebiasaan dari para sales promotion staff yang sering sekali terkesan memaksa pelanggan yang sedang melihat-lihat produk atau barang untuk segera membeli produk tersebut. Hal ini salah karena akan membuat pelanggan merasa tertekan dan kemungkinan tidak jadi membeli produk. Yang perlu dilakukan oleh staff tersebut hanyalah menunjukkan letak produk kepada pelanggan saja ketika pelanggan pertama kali datang. Setelah itu, berikan kebebasan kepada pelanggan untuk melihat dan memilih dengan leluasa barang apa saja yang mereka ingin beli.
  • Berikan bantuan yang tulus kepada pelanggan:
    Ada saat dimana sales promotion staff juga perlu memberikan bantuan kepada pelanggan. Namun berikan bantuan kepada pelanggan yang memang membutuhkan bantuan. Jangan sampai sales promotion staff malah mengikuti kemana saja pelanggan berada. Cukup dengan memberikan bantuan ketika memang pelanggan membutuhkan bantuan dari staff akan memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk memilih barang yang ingin mereka miliki.

Dengan melakukan beberapa hal diatas, niscaya penjualan akan meningkat dan semua pelanggan akan merasa bahagia membeli produk di tempat kita. Buatlah pelanggan merasa nyaman seperti mereka berada di rumah mereka sendiri ketika berkunjung ke usaha kita. Karena itulah inti utama dari training pelayanan pelanggan sebenarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>