Training Outbound - Bangun Team Yang Solid !
21 April 2012
Category:
Training Views: 2,702
Comments: 0

Training Outbound – Bangun Team Yang Solid !

team work managementDewasa ini, dalam kondisi persaingan usaha yang demikian ketat, kompetensi karyawan demi membangun team yang solid menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Untuk itulah berbagai training dengan tujuannya masing-masing banyak diselenggarakan oleh perusahaan. Training outbound adalah salah satu pilihan terbaik program training yang ada di Indonesia. Cukup banyak perusahaan yang menginvestasikan training para karyawannya melalui metode training outbound.

Dalam dunia bisnis yang sangat dinamis dan kompetitif, manajemen, komposisi dan kerjasama team menjadi sesuatu  yang sangat krusial. Team yang solid, kapabel dan terlatih -lah yang akan membuat perusahaan berkembang. Dan untuk mengawal agar performa team tersebut tetap tumbuh dan berkembang, training management team seharusnya menjadi agenda setiap perusahaan.

Training outbound adalah sebuah konsep kombinasi antara pelatihan formal yang diejawantahkan dengan teknik simulasi atau permainan dalam suasana rekreatif di alam terbuka. Walaupun training ini pada dasarnya memiliki tujuan yang “serius”, namun dengan suasana rekreatif dan sifatnya simulasi, diharapkan agar manfaatnya dapat lebih mudah diserap oleh para karyawan peserta.

Training outbound umumnya mengambil lokasi di daerah pegunungan, bumi perkemahan dan tempat-tempat luar ruang yang menarik lainnya. Training ini akan terdiri dari berbagai kegiatan fisik dan mental yang cukup menantang. Aktivitas fisik seperti trekking, rappelling, turun tebing, flying fox bahkan olahraga petualangan seperti arung jeram dan panjat tebing sudah tentu dilakukan. Selain itu simulasi team seperti komunikasi, pemecahan masalah, kerja sama dan penetapan target juga menjadi bagian dari materi.

Manfaat yang paling utama dari training outbound adalah terbentuknya ikatan team dan terbangunnya kepercayaan diri masing-masing individu. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan saat training outbound dapat disesuaikan dengan target yang ingin dicapai oleh perusahaan, apakah ingin membangun team management yang solid, apakah ingin membangun kepercayaan diri karyawan atau bahkan target lainnya.

Selain itu, training outbound ini menolong karyawan untuk melahirkan  ide-ide segar dan etos kerja yang lebih baik. Membantu mereka sadar akan tugasnya dalam team, memahami target team, keluar dari egoisme dan hadir dengan satu spirit yaitu teamwork, tak ada lagi bos atau karyawan, yang ada hanyalah individu yang bekerja sama bersama-sama untuk kemajuan team. Tujuan itulah yang ingin diraih melalui program training outbound karena sejatinya setiap anggota team harus bekerjasama menuju target yang lebih tinggi, yaitu terwujudnya visi dan misi perusahaan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>