Menjadi Guru Profesional Yang Hebat
22 April 2012
Category:
Training Views: 2,402
Comments: 0

Menjadi Guru Profesional Yang Hebat

pelatihan guru profesionalBagaimanakah caranya agar seorang guru “biasa” dapat menjadi seorang guru yang hebat dan professional?

Hal ini pastinya diperlukan sebuah peningkatan kualitas, baik secara akademis maupun dalam hal penanganan siswa. Lalu bagaimanakah caranya?

Peningkatan kualitas guru dapat dilakukan dengan memberikan sebuah pelatihan yang terstruktur dan terarah kepada satu fokus yang ingin dikembangkan terlebih dahulu. Misalkan, diperlukannya sebuah pelatihan bagaimana seorang guru dapat mengajarkan kepada anak didiknya, bahwa membaca itu adalah menyenangkan. Maka pelatihan yang diberikan adalah berkaitan dengan langkah-langkah dalam memberikan petunjuk bahwa membaca itu adalah menyenangkan.

Pelatihan dapat diberikan dengan cara mengadakannya di sekolah dengan strategi berbagi pengalaman antar guru, atau mungkin dengan memanggil seorang pakar yang memang ahli dalam bidang yang diinginkan. Pelatihan pun dapat diberikan dengan cara rutin bergantian mengirimkan guru ke berbagai seminar dan workshop yang berkaitan.

Guru pun dapat diarahkan untuk terus dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas yang dimilikinya dengan cara mencari sumber-sumber informasi tanpa bosan melalui berbagai media yang disajikan.

Hal yang paling penting dari semuanya adalah pengimplementasian dari pelatihan tersebut di lapangan. Sejauh mana guru benar-benar dapat mempraktekkan semua ilmu yang didapatnya secara terus menerus di dalam kelas maupun di lingkungan sekolahnya. Sehingga ilmu yang dimilikinya dapat terus berkembang dengan munculnya kreativitas dan inovasi yang baru dalam memberikan sebuah materi kepada anak didiknya. Dan memunculkan sebuah pendapat yang mengakar di anak didik bahwa BELAJAR adalah MENYENANGKAN.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>