7 Tips Melaksanakan Program Pelatihan yang Efektif
10 February 2012
Category:
Training Views: 4,966
Comments: 0

7 Tips Melaksanakan Program Pelatihan yang Efektif

Program pelatihan merupakan salah satu hal yang dibahas pada saat perusahaan membuat rencana kegiatan selama setahun.

Program pelatihan ini sangat penting fungsinya selain untuk memberikan keahlian tambahan bagi karyawan juga untuk memperlancar karyawan menjalankan tugas yang diberikan oleh perusahaan.

Dalam membuat program pelatihan, perlu dipertimbangkan beberapa hal, hal ini bertujuan agar program pelatihan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dari pekerjaan yang dikerjakan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatian saat membuat program pelatihan yang efektif.

7 hal yang pelu diperhatikan sebelum melaksanakan program pelatihan

  1. 1. Lakukan inventarisir kebutuhan training untuk perusahaan, tujuannya adalah agar program pelatihan di pilih sesuai dengan kebutuhan.
  2. 2. Pastikan karyawan yang mengikuti program pelatihan tersebut adalah orang yang tepat dan memang membutuhkan program training tersebut di posisinya.
  3. 3. Periksa lagi apakah vendor/konsultan yang memberikan program pelatihan tersebut sudah teruji dan terbukti mampu melaksanaan training dengan baik.
  4. 4. Mintalah modul atau rundown dari program pelatihan yang akan di ikuti, sehingga akan terlihat apakah training tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  5. 5. Tanyakan kualifikasi dari pemberi materi training, apakah seorang trainer yang handal yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi sehingga mampu memberikan materi dengan baik.
  6. 6. Tanyakan berapa budget yang diperlukan untuk mengikuti program pelatihan tersebut. Apakah investasi yang ditawarkan sesuai dengan budget yang disediakan oleh perusahaan.
  7. 7. Yang terakhir adalah waktu pelaksanaan training tersebut, berapa lama durasinya dan dimana training tersebut dilaksanakan.

Setelah semua hal di atas dilakukan dan diperiksa, mintalah karyawan anda untuk membuat rangkuman atau paper dari training yag sudah di ikutinya. Ini bertujuan jika memang dibutuhkan training yang sama oleh karyawan lain maka tidak perlu mengikuti training kembali tetapi cukup membaca modul dan paper yang sudah ada.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>