Tujuan dan Manfaat Service Excellence Sektor Publik
1 August 2012
Category:
Service Excellence Views: 8,728
Comments: 1

Tujuan dan Manfaat Service Excellence Sektor Publik

Tujuan service excellence di sektor publik

Tujuan service excellence adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan palanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan. Kalau pada sector bisnis atau swasta tentunya pelayanan selalu bertujuan atau berorientasi profit atau keuntungan perusahaan. service excellence sektor publik tidaklah mencari untung, tetapi memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara sangat baik atau terbaik.

 Untuk itu service excellence sektor publik yang dilakukan oleh pemerintah selain memenuhi kebutuhan hajat hidup masyarakatnya, sudah barang tentu adalah untuk memberdayakan bukan memperdayakan, serta membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintahannya.

Salah satu yang memperpuruk krisis sampai saat ini adalah buruknya kepercayaan masyarakat terhadap aparatur pemerintah terutama di sektor pelayanan publik. Sehingga munculnya sikap, anggapan dan penilaian terhadap pemerintahan. Misalnya kesan bahwa birokrasi adalah prosedur yang berbelit-belit dan mempersulit urusan. Bahkandalam pelayanan public muncul jargon “kalau masih bisa dipersulit, kanapa dipermudah?” Atau kalau kita berurusan dengan pelayanan pemerintah, mungkin akan ada penawaran dari aparatur pelayannya, “mau lewat jalan tol atau biasa?”.

Manfaat service excellence di sektor publik

Jadi dengan demikian perbaikan pelayanan sektor publik jelas merupakan kebutuhan yang mendesak, bahwa dalam rangka reformasi administrasi negara, perbaikan pelayanan kepada publik merupakan kunci keberhasilannya. service excellence bertujuan memberdayakan masyarakat, bukan memperdayakan, sehingga akan menumbuhkan kepercayaan publik atau masyarakat kepada pemerintahannya. Adapun kepercayaan adalah awal atau modal dari kolaborasi dan partisipasi masyarakat dalam program-program pembangunan.

Adapun service excellence akan bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan. Baik pelayan, pelanggan atau stakeholder dalam kegiatan pelayanan, akan memiliki acuan mengenai mengapa, kapan, dengan siapa, dimana danbagaimana pelayanan mesti dilakukan.

Training service excellence

Training Service Excellence adalah metode untuk menjadi setiap pribadi memberikan quality service yang terbaik tulus dari hati. Hal ini akan menjadi investasi yang sangat berharga untuk tim Anda, karena masalah terbesar dari pelayanan adalah melayani tulus dari hati.

Silakan hubungi kami di nomer 0817 0844 840 atau klik Request for Proposal untuk mendapatkan penawaran training dari Faztrack Training.

Request for Proposal

Comments

comments

One response on “Tujuan dan Manfaat Service Excellence Sektor Publik

  1. [...] pelanggan merupakan tujuan utama service excellence. Oleh karena itu setiap frontliner pelayanan berkewajiban untuk berupaya memuaskan pelanggannya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>