7 January 2013
Category:
Service Excellence Views: 4,380
Comments: 1

Training Hotel untuk Pelayanan Prima

hotelApabila anda memiliki bisnis perhotelan, apakah semua karyawan anda sudah bekerja dengan baik dan memenuhi kriterian kerja yang baik? Anda sebagai pimpinan tentu ingin semua karyawan bisa melayani tamu dengan baik. Disinilah anda harus memberikan training hotel untuk semua karyawan anda. Training ini sangat penting bagi kelangsungan usaha anda. Bila semua karyawan tidak bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu, tentu saja tamu akan kapok datang ke hotel anda. Mereka akan mencari hotel dengan fasilitas lebih baik dan pelayanan yang memuaskan. Selain itu karyawan yang anda rekrut kerja tidak semuanya memiliki ketrampilan dan pengalaman di hotel sehingga training hotel ini diperlukan agar semua karyawan bisa mendapatkan ketrampilan perhotelan.

Pada dasarnya training hotel ditujukan kepada semua karyawan baik bagian depan maupun back office. Tidak menutup kemungkinan bahwa karyawan bagian dalam atau back office juga harus melayani tamu mereka di hotel. Training hotel ini merupakan pelatihan singkat tentang segala hal yang berhubungan dengan operasional hotel. Operasional ini menyangkut tentang bagaimana karyawan bisa melayani tamu dengan baik, etika perhotelan kepada tamu yang datang, tata cara penyajian makanan dan penataan kamar di hotel, tata cara menyambut tamu yang datang, tata cara ketika menerima telepon.

Sebagai salah satu bahan training hotel, penampilan dari semua karyawan merupakan hal penting. Bila anda berkunjung pada salah satu hotel misalnya tentu saja semua karyawannya berpenampilan menarik dan sopan. Penampilan yang sopan dan menarik inilah yang harus dimiliki semua karyawan tidak terkecuali owner hotel tersebut. Karyawan harus memakai seragam yang sopan, memakai sepatu, dan penampilan wajah yang menarik. Ketika ada tamu yang datang, mereka langsung menyambut tamu dengan senyuman dan sapaan halus. Sebisa mungkin tamu tidak menunggu lama ketika mereka memasuki hotel. Tamu akan senang bila mereka segera disambut dan dilayani oleh karyawan hotel.

Secara operasional lainnya, training hotel juga menyangkut bagaimana penataan kamar hotel. Jika penaan kamar sangat rapi dan bersih tentu saja semua tamu akan betah berada di hotel tersebut. Hotel dengan penataan kamar yang rapi dan bersih serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya lebih disukai orang daripada hotel yang dilengkapi fasilitas mewah namun tidak rapi. Dalam hal ini tamu adalah raja dan raja berhak memilih hotel mana yang terbaik untuk mereka tempati. Penataan kamar yang rapi dan bersih serta penyajian makanan yang cepat dan enak merupakan pelayanan prima bagi tamu.

Dengan adanya training hotel ini semua karyawan bisa memberikan pelayanan yang baik pada tamu sekalipun mereka hanya menelpon. Etika menerima telpon dari tamu juga harus diperhatikan, seperti sapaan nama dan informasi yang diberikan kepada tamu tersebut. Jika semua karyawan bisa memberikan service excellent yang baik pada tamu tentu saja hotel akan diuntungkan. Dengan training hotel ini karyawan yang tidak memiliki ketrampilan perhotelan bisa mendapatkan pelatihan dan praktek langsung.

One response on “Training Hotel untuk Pelayanan Prima

  1. astri says:

    bagaimana cara untuk membuat tamu merasa nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>