Service Excellence ga hanya untuk karyawan ?!
20 May 2013
Category:
Service Excellence Views: 1,882
Comments: 0

Service Excellence ga hanya untuk karyawan ?!

karyawan-hotelTaukah anda mengapa saat ini banyak dibangun hotel, baik hotel kelas atas maupun hotel kalangan menengah kebawah? Omset yang menjanjikan yang dikejar pemiliknya, betul? Untuk mewujudkannya, hotel harus memberikan service Excellence di hotel yang baik bahkan lebih baik dari hotel manapun.

Yang menjadi pertanyaan kita, apakah hanya karyawan yang memberikan service Excellence di hotel? Pemimpinnya atau orang ternama di hotel tersebut lepas tangan begitu saja? Pelayanan dalam hotel sangat penting, tak terkecuali oleh pemilik perusahaan. Seorang pemimpin juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk tamunya dihotel jika ingin bersaing dengan hotel lainnya.

Pada dasarnya service Excellence di hotel merupakan bentuk pelayanan kepada tamu yang datang di hotel tersebut baik berupa materi ataupun berupa kepuasan rohani. Pelayanan ini memang mutlak diperlukan untuk membangun mutu dan kwalitas hotel dalam persaingan bisnis. Pemimpin yang baik tentu bisa memberikan contoh terbaik untuk pelayanan pada tamunya.
Jadi, tidak semua service Excellence di hotel itu dilakukan oleh karyawan. Sebagai pemimpin anda bisa membantu karyawan sekalipun anda adalah petinggi hotel. Sesekali anda memberikan contoh bagaimana melayani tamu atau anda terjun langsung untuk melayani tamu anda.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan selaku pimpinan untuk memberikan service Excellence di hotel. Satu contoh, senyuman dan sapaan kepada tamu yang datang. Sepele, tapi mengandung makna bagi tamu. Senyuman dan sapaan anda adalah penghormatan kepada tamu yang tak ternilai.

Dengan memberikan sapaan dan perlakuan yang baik kepada tamu dari pemilik hotel sendiri, hal ini melebihi service Excellence di hotel yang diberikan karyawan. Alangkah senangnya jika tamu mendapatkan sambutan dan pelayanan dari pemilik hotel sendiri. Kedua, bagaimana anda menanggapi keluhan tamu atau pelanggan.

Sebagai pemimpin, anda harus bisa memecahkan masalah saat tamu mengeluh, berbicara langsung apda tamu dan memberikan apa yang sebenarnya mereka minta, itu bukti service Excellence di hotel yang bisa anda lakukan. Jadi, untuk memberikan pelayanan prima di hotel, pimpinan pun juga bisa melakukannya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>