Sejauh Apakah Kepuasan Pasien?
20 February 2014
Category:
Service Excellence Views: 983
Comments: 0

Sejauh Apakah Kepuasan Pasien?

national-nurses-dayMengerti kebutuhan pasien dan keinginan mereka hal ini sangat penting pada rumah sakit. Bayangkan bila anda datang di rumah dakit dan mereka bersikap acuh, tidak mau mengerti apa yang anda inginkan, sekalipun dengan biaya yang murah tapi rumah sakit tersebut tidak akan mendapatkan banyak pasien.

Karena kepuasan pasien adalah bagian dari service excellence rumah sakit maka wajib bagi tempat pelayanan kesehatan tersebut untuk mengetahui sejauh maka kepuasan pasiennya. Pasien yang puas dengan pelayanan yang dilakukan rumah sakit pada mereka, hal ini adalah bagian terpenting dan sangat berharga. Bila pasien puas maka mereka akan datang kembali pada rumah sakit tersebut dan inilah yang diharapkan setiap tempat kesehatan.

Setiap rumah sakit menginginkan memiliki banyak pasien karena semakin banyak pasien keuntungan yang didapatkan tempat pelayanan kesehatan tersebut akan semakin banyak. Sayangnya untuk mendapatkan banyak pasien tersebut rumah skait harus memberikan kepuasan yang maksimal pada setiap pasiennya.

Bila pasien merasa puas dengan service excellence rumah sakit maka dia akan menyebarkan betapa hebat dan bagusnya pelayanan tempat tersebut kepada orang lain. Tanpa iklan dan promosi pun rumah sakit tersebut akan semakin dikenal masyarakat luas, namu bila rumah sakit memiliki pelayanan yang sangat buruk, jangan harap tempat tersebut akan berkembang dengan pesat apalagi mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kepuasan pasien, kepuasan yang diharapkan mereka dan inilah tugas dari rumah sakit. Berikan service excellence rumah sakit yang benar-benar memuaskan maka apa yang diharapkan tempat tersebut akan mudah tercapai. Kepuasan pasien akan didapatkan ketika mereka bisa mendapatkan kinerja rumah sakit diatas yang mereka harapkan.

Jika kinerja rumah sakit dibawah harapan maka pasien akan merasa kecewa dan tidak akan menggunakan jasa rumah sakit tersebut. Bila kinerja rumah sakit seperti yang diharapkan oleh pasien maka pelanggan akan sangat puas dan bila tempat tersebut kinerjanya melebihi harapan pasien maka mereka akan sangat puas.

Dari harapan dan pengalaman masa lalu yang diperoleh pasien dari rumah sakit tersebut akan menjadikan berbagai informasi yang menguntungkan rumah sakit. Dengan memberikan service excellence rumah sakit yang baik maka pasien akan setia menggunakan jasa tempat tersebut lebih lama, tidak akan memilih rumah sakit lainnya.

Sekalipun tarif pada rumah sakit tersebut mahal namun karena kepuasan yang diberikan sangat bagus, pasien pun akan membayar berapa pun agar mereka bisa mendapatkan kepuasan maksimal. Jadi, masihkah rumah sakit mengabaikan kepuasan pelanggannya? Jika tidak ingin terkalahkan oleh rumah sakit lain maka seharusnya kepuasan pasien dijadikan sarana untuk mengembangkan tempat tersebut lebih baik lagi.

Kepuasan pelanggan terlihat sepele namun efeknya sangat luar biasa sehingga berikan service excellence rumah sakit dan harapan tempat tersebut pun akan mudah dicapai.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>