27 April 2012
Category:
Service Excellence Views: 8,726
Comments: 1

Prinsip Dasar Membangun Pelayanan Yang Berkualitas

service excellenceDalam bekerja, kita akan berhadapan dengan konsumen. Apapun profesi dan pekerjaan  yang kita lakukan, sejatinya kita adalah pelayan bagi pelanggan kita, Oleh karenanya, adalah suatu keharusan untuk memperlakukan mereka dengan baik agar kepuasan dan kepercayaan pelanggan tetap dan terus meningkat. Tanpa adanya kepercayaan dari pelanggan tak mungkin suatu usaha dapat maju dan berkembang.

Citra diri atau nama baik diperoleh dari para pelanggan yang sudah merasakan kepuasan terhadap pelayanan kita. Maka dari itu memberikan pelayanan yang baik agar dapat membangun nama baik perusahaan harus menjadi budaya.

Pengertian pelayanan prima  adalah kemampuan diri kita atau perusahaan dalam memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan standar yang telah di tetapkan. Kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang dimiliki. Untuk memenuhi standar pelayanan yang baik, dibutuhkan antara lain :

Karyawan yang berkualitas

Adanya pimpinan yang baik, sistem yang baik, manajemen yang baik tapi tanpa hadirnya  karyawan yang berkualitas, maka organisasi tidak akan bisa memberikan pelayanan yang baik. Disinilah peran bimbingan ataupun motivasi dibutuhkan untuk melahirkan sumber daya karyawan yang berkualitas.

Sarana dan Prasarana Lengkap

Kelengkapan sarana dan prasarana yang baik akan sangat membantu karyawan dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sejak awal hingga selesai

Kita harus memberikan pelayanan sepenuhnya kepada pelanggan tanpa mengabaikannya sedikitpun dan tetap berusaha memberikan perhatian penuh kepadanya dalam mengatasi keluhan. Jangan lupa satu hal, yaitu tidak meninggalkannya sebelum konsumen benar benar merasa tuntas.

Melayani secara cepat dan tepat

Melayani secara cepat saja tidak cukup. Ketepatan dalam melayani pelanggan juga penting. Meskipun pelayanan kita tepat sesuai keinginan pelanggan tapi jika kurang cepat, maka pelanggan akan kurang puas. Begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu pelanggan akan memberikan nilai lebih jika kita bisa melayaninya dengan cepat dan tepat.

Komunikasi Efektif

Kemampuan berkomunikasi dengan efektif kepada pelanggan mutlak dibutuhkan. Mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan baik dan ramah , menjawab keluhan pelanggan dan melakukan komunikasi transaksi yang sedang dilakukan dengan tepat.

Wawasan dan Pengetahuan Produk

Sudah jelas kita harus mempunyai pengetahuan sebanyak mungkin mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk/jasa dan pekerjaan atau bisnis yang kita jalankan. Hal ini agar kita bisa menjawab seluruh pertanyaan maupun menyelesaikan keluhan pelanggan.

Memahami kebutuhan pelanggan

Kita harus mampu memahami keluhan pelanggan, kebutuhan pelanggan dan selalu care kepada pelanggan agar kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi. Ketulusan dalam memahami dan melayani kebutuhan pelanggan akan memberi nilai lebih terhadap citra organisasi atau perusahaan.

 

 

One response on “Prinsip Dasar Membangun Pelayanan Yang Berkualitas

  1. Ya, citra diri perusahaan diperoleh dari para konsumen, untuk itu sudah selayaknya pihak perusahaan memberikan pelayanan prima kepada konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>