Perlunya Training Bank Bagi Karyawan
9 January 2013
Category:
Service Excellence Views: 5,787
Comments: 0

Perlunya Training Bank Bagi Karyawan

Business seminarMenjadi karyawan suatu bank itu bukanlah hal yang mudah. Memang semua pekerjaan memiliki resiko namun bila anda bisa mencegah resiko tersebut tentu saja anda bisa mencapai kesuksesan. Sebelum anda bekerja tentu saja anda harus mendapatkan bekal dan pelatihan tentang apa yang akan menjadi kewajiban anda di bank tersebut. Training bank diperlukan agar setiap karyawan baru ataupun lama bisa menjalankan pekerjaan mereka dengan baik dan benar. Sekalipun karyawan baru dengan pendidikan tinggi mereka tetap harus mendapatkan training bank karena pendidikan yang mereka tempuh belum tentu sama dengan sistem kerja yang dianut oleh bank tersebut.

Training bank ini merupakan tahap awal dari pekerjaan karyawan bau ketika mereka dipersiapkan untuk menjadi seorang karyawan yang bertanggung jawab dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Training ini merupakan pelatihan singkat dan praktek langsung dari trainer perbankan kepada karyawan baru maupun lama agar mendapatkan pengetahuan dan hal lainnya yang menyangkut pekerjaan di bank. Training bank bisa dilaksanakan saat karyawan baru mulai bekerja agar mereka bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan lingkungan baru mereka. Perlunya training bank juga karena persainga bisnis perbankan yang semakin hari semakin banyak dan semuanya berawal dari pelayanan karyawan terhadap nasabah.

Dalam training bank ini karyawan dibekali bagaimana mereka melayani tamu atau nasabah, mereka berpenampilan, dan juga pengetahuan seputar perbankan. Selain itu fasilitas yang disediakan bank juga menjadi pertimbangan bagi orang untuk tetap menggunakan jasa perbankan tersebut atau tidak. Sebagai contoh ketika ada nasabah yang datang security langsung membukakan pintu dan menyapa mereka dengan lembut dan semyunan yang hangat. Setelah nasabah masuk security langsung bertanya tujuan kedatangan nasabah. Jika mereka berkepentingan dengan teller security bisa langsung mengarahkan mereka pada ruangan teller, demikian juga dengan customer service maupun bagian lainnya.

Untuk semua karyawan bank dalam training bank ini juga diulas tentang tata cara dalam berpenampilan. Untuk kayawan wanita mereka yang tidak berjilbab bisa memotong rambut mereka di atas bahu atau jika rambut mereka panjang mereka bisa menyanggul rambut serapi mungkin. Jika berjilbab mereka bisa memakai jilbab yang selaras dengan seragam. Tidak disarankan pula memakai aksesoris jilbab yang bling-bling atau berlebihan. Bagi semua karyawan wanita mereka dituntut untuk bisa berpenampilan menarik namun tidak glamor. Setelah penampilan mereka bagus, selanjutnya adalah sikap dan ucapan yang sopan kepada tamu atau nasabah.

Bila ada nasabah yang datang segera baik security, customer service, teller, maupun bagian lainnya menyapa mereka dan juga segera menanyakan tujuan kedatangannya. Training bank ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja dan administasi bank seperti kinerja teller saat bertransaksi. Semakin cepat transaksi itu dilaksanakan semakin baik pula kwalitas bank tersebut dimata nasabah. Pelayanan yang cepat dalam bertransaksi dan administrasi yang baik suatu bank kepada nasabah merupakan tujuan dari taining ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>