Pentingnya Service Excellence di Rumah Sakit
13 May 2013
Category:
Service Excellence Views: 1,670
Comments: 0

Pentingnya Service Excellence di Rumah Sakit

hospitalKetika pertama memasuki sebuah rumah sakit, apakah anda langsung datang pada tempat tujuan, bertanya pada kanyawan, bukan? Jika mereka tidak mengenakkan ketika anda bertanya, anda marah bukan? Begitu pentingnya service Excellence di rumah sakit, bahkan saat pertama kali seseorang datang di rumah sakit tersebut.

Aset penting dalam rumah sakit bukan hanya karyawan dan bangunan serta fasilitas yang dimiliki. Pasien itu lebih penting, bagaimana bisa rumah sakit mendapatkan uang tanpa ada pasien. Service Excellence di rumah sakit itu untuk pasien bukan untuk karyawannya. Jika pelayanan tidak memuaskan, jangan harap rumah sakit tersebut bisa ramai dan berkembang.

Pasien adalah aset penting dalam membangun rumah sakit, bagaimana rumah sakit memikat hati mereka? Tentunya dengan service Excellence di rumah sakit yang diberikan kepada mereka. Service Excellence merupakan pelayanan prima kepada pasien sehingga setiap pasien akan mendapatkan pelayanan terbaik sesuai apa yang dibutuhkan.
Ingat, pasien adalah orang yang menentukan keberhasilan rumah sakit. Untuk memberikan service Excellence di rumah sakit kepada pasien, hal pertama yang diperhatikan adalah SDM. SDM disini adalah karyawan yang ada di rumah sakit tersebut. Mereka harus bisa melayani pasien dengan baik, tentu saja setulus hati.

SDM dalam rumah sakit yang menjadi penggerak mutu dan kwalitas rumah sakit diwujudkan dalam service Excellence di rumah sakit. Peningkatan mutu SDM ini bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan atau training sehingga mereka bisa benar-benar melayani pasien atau masyarakat dengan baik. Pihak rumah sakit juga bisa meningkatkan fasilitas yang ada.
Semakin baik fasilitas yang diberikan kepada pasien semakin baik service Excellence d rumah sakit yang diberikan. Selain faktor di atas, manajemen organisasi dalam rumah sakit juga menentukan bagaimana mutu dan pelayanan yang diberikan rumah sakit. Untuk membangun organisasi yang baik, tentu pimpinan harus memiliki jiwa kepemimpinan yang unggul dan berdedikasi tinggi.

Bagi rumah sakit, aset yang ada untuk meningkatkan service Excellence di rumah sakit, harus dikembangkan terus. Tidak bisa berhenti pada satu titik saja. Jika perlu setiap dua atau tiga bulan sekali diadakan pelatihan bagi SDM baik SDM lama maupun baru. Jika demikian, bukan hanya pasien yang puas tapi perusahaan juga mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>