Pengembangan bisnis dan Service Excellence di Bank
20 December 2012
Category:
Service Excellence Views: 3,271
Comments: 0

Pengembangan bisnis dan Service Excellence di Bank

Bank pada umumnya memang melayani nasabah dalam hal financial namun bukan hanya sebatas keuangan saja yang bisa diberikan. Banyak faktor yang bisa menjadi perhatian pihak terkait untuk memberikan pelayanan kepada nasabah agar tidak kalah bersaing dengan bak lainnya yang ada di Indonesia.

Hampir semua bank menerapkan Service Excellence di bank masing-masing agar bisa meningkatkan penjualan dan bisnis keuangan mereka. Tidak hanya karena meningkatkan bisnis untuk mendapatkan profit yang besar, namun dalam jangka panjang pelayanan yang prima dari suatu bank mampu memikat nasabah lebih banyak. Karena pelayanan yang prima dari bank tersebut akan memudahkan pihak bank untuk melakukan promosi produk perbankan sehingga dengan mudah nasabah akan tertarik produk tersebut. Service Excellence di bank bisa menjadi alat promosi yang ampuh karena dengan pelayanan yang baik dari bank tersebut, nasabah akan mempromosikan apa yang mereka dapatkan kepada rekan-rekannya.

Service Excellence di bank bisa dikatakan sebagai pelayanan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah agar mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan mudah dan mendapatkan lebih dari apa yang mereka inginkan. Sebagai seorang pemimpin bank mungkin Anda merasa apa yang Anda dan karyawan lakukan adalah tepat, namun belum tentu nasabah akan puas dengan apa yang Anda lakukan. Service Excellence di bank bisa dilakukan oleh semua karyawan meskipun mereka sebagai back office. Pelayanan prima ini bukan hanya pekerjaan teller ataupun customer service, namun sebagai security pun juga diwajibkan memberikan Service Excellence kepada nasabah. Kadang pelayanan prima tersebut tidak hanya saat nasabah datang ke bank,pelayanan dalam transaksi baik secara online maupun langsung juga sangat mempengaruhi kualitas bank tersebut.

Untuk memberikan Service Excellence di bank, ada beberapa tingkatan yang bisa dilakukan oleh pihak bank. Diantara pelayanan prima tersebut adalah pelayanan dasar dengan tidak membedakan nasabah satu dengan lainnya. Anggap saja semua nasabah itu sama baik baya maupun miskin. Ini adalah pelayanan yang harus diterapkan oleh semua pihak bank. Selain itu performa para karyawan yang menyangkut pakaian, raut wajah atau penampilan mereka. Untuk bagian frontliner, customer service ataupun teller, mereka diharuskan berdandan yang rapi dan sopan. Saat melayani nasabah harus mengucapkan salam dengan kata yang sopan dan lembut serta senyuman yang tulus dan raut muka cerah.

Service Excellence di bank juga sangat didukung oleh ketrampilan karyawan dalam melakukan transaksi yang diminta nasabah. Oleh karena itu, training bagi karyawan bank sangatlah penting untuk mengoptimalkan Service Excellence bank tersebut.Pelayanan prima pada bank juga bisa ditunjukkan dalam penanganan masalah pada nasabah dengan cepat dan tepat. Karena pelayanan ini nasabah akan terpuaskan dan kebutuhan mereka bisa terpenuhi dengan mudah. Jika pelayanan prima terus ditingkatkan tentu saja nasabah akan betah menggunakan jasa perbankan di bank tersebut walaupun bunga yang ditawarkan lebih tinggi dari bank lainnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>