Jenis Pelatihan untuk Menciptakan Pelayanan Prima Di Rumah Sakit
21 June 2015
Category:
Service Excellence Views: 1,532
Comments: 2

Jenis Pelatihan untuk Menciptakan Pelayanan Prima Di Rumah Sakit

Pelayanan prima di rumah sakit merupakan salah satu faktor penting yang dapat membuat para pasien merasa lebih nyaman dalam menggunakan jasa yang disediakan. Untuk menciptakan pelayanan berkualitas seperti ini, tentunya tidak dapat dilakukan dengan mudah. Dibutuhkan keterampilan dan keahlian khusus untuk dapat memberikan pelayanan memuaskan untuk para pasien.

Jenis Pelatihan untuk Menciptakan Pelayanan Prima Di Rumah Sakit

Jenis Pelatihan untuk Menciptakan Pelayanan Prima Di Rumah Sakit

Pelatihan Pelayanan Untuk Rumah Sakit

Kemampuan dan keterampilan diatas bisa didapat melalui pelatihan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa untuk memberikan pelatihan mengenai pelayanan terbaik untuk rumah sakit. Pada umumnya, perusahaan-perusahaan tersebut memberikan jasa pelatihan dengan materi yang hampir sama.

Materi yang diberikan pada pelatihan pelayanan untuk rumah sakit atau biasa disebut Service Excellence sangat beragam, seperti, pelatihan mental, pengetahuan mengenai karakteristik rumah sakit dan pasiennya, pelatihan untuk menangani keluhan serta pengembangan pelayanan prima di rumah sakit.

Pelatihan Mental

Pelatihan mental dibutuhkan agar Anda siap dengan segala kondisi yang Anda hadapi. Akan ada banyak jenis pasien dengan berbagai kepribadian dan kebutuhan. Jadi, mental yang siap akan mempermudah Anda untuk melayani mereka dengan baik.

Pengetahuan Karakteristik Rumah Sakit dan Pasien

Pelatihan ini juga sangat penting, karena rumah sakit dan pasien yang berobat sangat mempengaruhi satu sama lain. Bila pelayanan yang diberikan tidak tepat, bukan tidak mungkin pasien akan merasa tidak puas dan pelayanan tersebut dapat mengacaukan sistem yang sudah ada di rumah sakit tersebut. Dengan pelatihan ini, hal seperti ini dapat dihindari.

Pelatihan Menangai Keluhan

Banyak kegagalan pelayanan di rumah sakit karena SDM yang ada di tempat tersebut tidak dapat menangani keluhan dengan tepat. Hal ini dapat berupa petugas yang tidak sabar dan tidak ramah, hingga terburu-buru yang mengakibatkan adanya kesalahan dalam penanganan. Akibat yang kedua mungkin sangat berbahaya, karena dapat mengancam kesehatan pasien.

Penanganan keluhan yang baik juga akan dapat meningkatkan reputasi dari rumah sakit tersebut. Saat reputasi rumah sakit menjadi lebih baik, tentunya hal ini sangat positif bila dilihat dari kacamata bisnis. Rumah sakit seperti ini pun akan lebih dipercaya dan didatangi banyak orang yang ingin berobat.

Pengembangan Pelayanan

Pelayanan prima yang diberikan harus terus berkembang. Tidak hanya untuk melayani berbagai kebutuhan pasien yang semakin beragam, namun persaingan dengan rumah sakit lainnya pun harus menjadi pertimbangan. Pengembangan ini dibutuhkan agar pasien merasa lebih baik dan nyaman dalam menggunakan layanan di rumah sakit tersebut.

Selain itu, pengembangan pelayanan ini akan sangat mempengaruhi efektifitas dan kinerja manajemen dalam rumah sakit tersebut. Dengan sistem yang lebih efektif dan kinerja yang lebih baik, maka rumah sakit akan dapat menghemat lebih banyak waktu dan biaya.

Comments

comments

2 responses on “Jenis Pelatihan untuk Menciptakan Pelayanan Prima Di Rumah Sakit

  1. […] standar pelayanan kesehatan mengacu pada konsep dan aturan yang telah diberlakukan dalam peraturan perundangan. Setiap instansi atau lembaga kesehatan yang berwenang atas pelayanan kesehatan wajib menaati setiap acuan yang sudah ditetapkan tersebut. Di Indonesia, standar pelayanan untuk bidang kesehatan sebenarnya sudah diatur secara mendasar dengan praktik-praktik yang tak boleh melanggar segala ketentuan tersebut. […]

  2. […] Jika masing-masing karyawan mampu mengembangkan potensi dan kapasitas mereka di posisinya, target-target perusahaan pun akan bisa tercapai. Poin-poin tersebut bisa dipelajari dan dipahami berdasarkan kemampuan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>