Etika Bekerja di Hotel, Perlukah?
7 March 2014
Category:
Service Excellence
Training Views: 4,055
Comments: 0

Etika Bekerja di Hotel, Perlukah?

Bila anda sering mendapatkan pelayanan yang bagus di suatu hotel,pasti anda ingin datang ke hotel tersebut. Hotel memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya sehingga konsumen merasa puas dan ingin datang di tempat tersebut. Siapa saja yang harus memberikan kepuasan kepada konsumen?

Semua yang berhubungan dengan hotel tersebut meliputi direktur,manager, supervisor, administrasi, accounting, customer service dan karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Mereka semua harus memberikan service excellence hotel kepada konsumen atau calon tamu agar hotel tersebut mendapatkan keuntungan maksimal dan bisa lebih berkembang. Konsumen adalah orang yang ditunggu-tunggu hotel, dari konsumen hotel bisa mendapatkan keuntungan, jika konsumennya banyak tentu keuntungan yang didapatkan hotel juga banyak.

service hotel

Dalam bekerja di hotel semuanya ada aturan dan etika, jadi tidak boleh setiap karyawan bertindak semaunya sendiri. Jika masing-masing karyawan bertindak semaunya sendiri bagaimana mereka bisa memberikan service excellence hotel yang baik?

Hotel memberikan pelajaran kepada konsumen dan karyawannya bagaiman harus bertingkah laku dan melakukan tindakan yang tepat. Sebagai seorang karyawan hotel ataupun anda sebagai seorang manager,wajib hukumnya bagi anda untuk memiliki etika yang baik kepada konsumen.

Etika adalah bagian dari kepuasan konsumen, bila karyawan hotel tidak memiliki etika, bagaimana konsumen bisa mendapatkan kepuasan? Etika yang baik sangat diperlukan bagi semua karyawan hotel karena ini akan berhubungan langsung dengan kepuasan dan keinginan pelanggan.

Seorang konsumen akan membayar berapapun harga kamar di hotel tersebut jika karyawan hotel memiliki etika yang baik kepada konsumen tersebut. Saat pertama tamu datang di hotel dan disambut dengan sapaan ramah dan pelayanan yang baik,tentu tamu akan tersanjung dan merasa benar-benar dihargai. Inilah bentuk dari etika karyawan hotel, efeknya sangat luar baisa terhadap tamu yang datang.

Etika sebagai cara untuk memberikan service excellence hotel lebih menekankan pada tingkah laku untuk karyawan hotel agar bisa berinteraksi dengan tamu secara professional dan lebih sopan. Karena itu semua karyawan atau petugas hotel harus memiliki etika yang baik dan ini akan membentuk kepribadian mereka.

Karyawan hotel diharapkan mampu memberikan service excellence hotel seperti memiliki etika baik untuk melayani tamu agar mereka puas. Setiap karyawan harus memiliki sikap disiplin, tanggung jawab dan jujur serta ramah terhadap tamu yang datang. Etika seorang karyawan hotel pun harus bisa mengendalikan emosi ketika melayani tamu.

Jika karyawan mudah mahar dan tersinggung tentu saja mereka tidak akan mampu melayani tamu dengan baik. Begitu pentingnya etika bagi setiap karyawan untuk memberikan service excellence hotel yang terbaik kepada tamu. Jika etika baik dimiliki semua karyawan dan pihak terkain dengan hotel tersebut maka akan mudah bagi hotel untuk mendapatkan lebih banyak tamu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>