Bicara Sopan, Kepuasan Bagi Konsumen
24 February 2014
Category:
Service Excellence Views: 1,101
Comments: 0

Bicara Sopan, Kepuasan Bagi Konsumen

Mulut itu bisa membawa berkah namun juga bisa membawa masalah. Bila mulut tidak bisa berkata dengan baik maka akan menimbulkan masalah, hal ini juga bisa terjadi ketika seoorang karyawan hotel sedang melayani konsumen. Berkata yang baik akan menimbulkan rasa yang menyenangkan bagi konsumen namun berkata yang tidak sopan dan nada bicara kasar akan menimbulkan masalah bagi hotel tersebut.

BellboyHotel harus memberikan service excellent hotel yang baik pada konsumen, bukan hanya memberikan fasilitas tempat tidur yang nyaman namun juga harus memberikan rasa tenang dan menggangap bahwa konsumen itu ada. Hotel tidak akan berkembang tanpa konsumen bahkan dengan modal yang besar namun tanpa konsumen, hal ini tidak akan berarti.

Begitu pentingnya konsumen dimata hotel maka semua karyawan harus bersikap baik pada konsumen. Dimulai dari berbicara yang baik dan sopan,hal ini memang terlihat sepele namun efeknya cukup besar.

Coba bila anda menginap di hotel dan ada salah satu karyawan yang berkata kasar pada anda, apakah anda akan datang ditempat tersebut?

Yang pertama anda lakukan adalah complain terhadap pelayanan yang diberikan hotel tersebut terutama untuk karyawan yang berkata kurang berkenan. Dari hal ini saja akan menimbulkan masalah besar, konsumen akan menganggap service excellent hotel kurang memuaskan. Satu kesalahan yang dilakukan oleh satu orang saja akan menimbulkan masalah bagi hotel tersebut.

Bila seorang karyawan hotel tidak bisa berbicara dengan sopan tentu saja banyak tamu yang merasa tidak dihormati. Memang bila dalam satu hotel saja banyak karyawan yang memiliki berbagai karakteristik, namun semua itu harus disamakan. Setiap calon karyawan yang akan bekerja di hotel seharusnya mendapatkan pelatihan terlebih dulu terutama pelatihan terhadap kesopanan.

Sopan itu bukan sifat namun sikap yang bisa ditumbuhkan kepada siapa saja terutama kesopanan dari gaya bicara mereka kepada tamu.Karena sopan saat berbicara juga merupakan service excellent hotel sehingga wajib bagi semua hotel untuk membina karyawan agar bisa bertutur kata yang baik pada tamu mereka.

Apa saja bentuk dari kesopanan saat berbicara, apakah sangat sulit untuk mengembangkan sikap ini kepada setiap karyawan?

Untuk mewujudkan sikap tersebut hotel perlu training agar setiap karyawannya memiliki sikap dan etos kerja yang baik. Tidak sulit bagi hotel untuk mendidik karyawan mereka agar bsia berbicara dengan sopan, hal ini bisa dilakukan dengan menyapa kepada tamu yang datang dengan bahasa Indonesia yang baik. Sapaan tersebut bukan hanya untuk karyawan yang berada di depan namun juga bagi koki ataupun orang dalam hotel.

Tumbuhnya sikap sopan dan tutur kata yang baik tersebut akan mengundang banyak orang untuk menggunakan jasa hotel tersebut. Dengan sopan berbicara saja sudah banyak orang yang mau datang di hotel, apalagi bila hotel tersebut memberikan service excellent hotel yang maksimal.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>