Bagaimana Menerapkan Service Excellence Pada Restoran Kecil
28 August 2013
Category:
Service Excellence Views: 1,657
Comments: 0

Bagaimana Menerapkan Service Excellence Pada Restoran Kecil

waiterPernah ada seorang berkata bahwa restoran adalah juga tempat orang bermimpi dan berimajinasi, dan keduanya merupakan hal yang bisa hanya bisa dihantarkan oleh pelayan yang bekerja di sebuah restoran.

Memang, restoran adalah tempat makan, dan bukan tempat untuk bermimpi dan berimajinasi. Betulkah begitu?

Tidak juga, restoran kecil yang sanggup menyediakan Service Excellence bagi para pengunjungnya seharusnya sanggup untuk memberikan kedua hal tersebut.

Prinsip dari kebanyakan restoran adalah, makanan akan terasa lebih enak bila dihidangkan dengan cara yang fantastis. Inilah satu kunci dari apa yang disebut Service Excellence.

Service Excellence restoran berarti bahwa pelayan yang bergabung di restoran mesti bisa menikmati suguhan makanan yang lezat, dan pelayan yang siap memenuhi kebutuhan pengunjung melalui apa yang disebut “table service”. Adagium bagi restoran yang perlu dipegang adalah:

“jika tidak bisa melayani pengunjung dengan baik hari ini, jangan harap akan bisa melayani pengunjung esok harinya”.

Oleh karena itu, Service Excellence bagi sebuah restoran kecil menjadi penting. Tanpa hal semacam itu, pengunjung tidak akan datang, dan restoran tidak akan sanggup menciptakan repeater.

Hanya saja, Service Excellence pada setiap restoran tidak selalu sama, tergantung jenis restorannya. Artinya, seorang pemilik restoran harus menyediakan table service sesuai dengan kondisi dan jenis restoran yang dikelolanya.

Jenis English, French, maupun Counter Service cocok untuk diterapkan bagi mereka yang mengelola restoran dengan cara konvensional (menerima pesanan, memasaknya, kemudian menyajikannya). Sementara tipe lainnya, Self Service, cocok diterapkan untuk mereka yang mengelola restoran dengan karakteristik prasmanan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>