7 Cara yang Wajib Diketahui untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
16 November 2016
Category:
Service Excellence
Training Views: 881
Comments: 0

7 Cara yang Wajib Diketahui untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan memang bukan hal yang mudah. Apalagi nyatanya, Anda tidak bisa memuaskan keinginan semua orang meski Anda merasa produk Anda sudah bagus. Anda jangan lantas patah semangat, terutama kalau bisnis Anda mulai menunjukkan perkembangan yang baik. Pelanggan adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia bisnis. Penting bagi Anda untuk menjaga kepercayaan dan tetap memuaskannya.

Di bawah ini ada tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk memuaskan para pelanggan.

1. Memberikan Reward kepada Pelanggan Setia

Handling Complaint For Customer ServiceFaktanya, mempertahankan konsumen lama jauh lebih mudah daripada memperoleh pelanggan yang baru. Maka dari itu, jangan sampai Anda mengabaikan pelanggan lama yang telah setia menggunakan produk Anda. Untuk memuaskan mereka, berikan reward atau penghargaan seperti voucher, diskon, atau bonus yang bisa membuat mereka merasa seperti konsumen yang istimewa.

2.Tunjukkan Bukti Alih-alih Janji Palsu

Ada beberapa perusahaan maupun pebisnis yang terlalu sering mengumbar janji dan tidak bisa ditepati. Hal tersebut lantas akan membuat konsumen kecewa dan meninggalkan mereka. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan menjanjikan sesuatu. Asalkan, Anda bisa menunjukkan bukti dari janji-janji tadi pada konsumen. Sehingga, bukan hanya percaya, mereka juga akan puas terhadap kinerja Anda.

3. Membuat Kebijakan atau Aturan Jelas

Kebijakan atau aturan yang bertele-tele akan membuat konsumen malas dan tidak tertarik dengan produk Anda. Tidak jarang akan menjadi masalah besar kalau Anda tidak menindaklanjutinya secara cepat. Jadi, saat Anda membuat produk, pastikan kebijakan atau aturannya mudah dipahami oleh para calon konsumen. Di sisi lain, Anda juga tidak akan kerepotan untuk menjelaskannya pada mereka.

4. Pelayanan Konsumen yang Cepat

tisch_blogResponsif bisa menjadi cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang efektif. Anda mungkin akan kewalahan saat banyak konsumen bertanya, mengeluh, sampai memberi kritikan. Meski begitu, jangan sampai Anda meninggalkan semua masukan tersebut. Jawablah sesuai pertanyaan dan ucapkan terima kasih tanpa menunda-nunda. Konsumen akan merasa dihargai dengan pelayanan yang cepat.

5. Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Hal ini sebenanrnya cukup tricky dan bisa menjebak Anda kalau tidak tahu cara yang tepat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan riset terhadap kebutuhan konsumen dari usaha sejenis yang Anda lakukan. Hasilnya mungkin bisa cukup mendekati dan dapat Anda pakai sebagai pegangan untuk antisipasi akan kebutuhan para pelanggan.

6. Mengemas Produk yang Menarik

Dalam dunia bisnis, kemasan atau tampilan luar bisa sangat mempengaruhi pendapat konsumen. Jika kemasannya tidak sesuai dengan isinya, mereka akan merasa tidak puas dan tidak akan membelinya lagi. Jadi, penting bagi Anda untuk memperhatikan kemasan produk. Apakah tampilannya sudah sesuai dengan isinya dan sanggup memuaskan kebutuhan para pelanggan lama atau baru.

7. Terus Memberi Informasi Terkini

Social-Media-Touch-HD-ForWallpapers.com_Pelanggan lama atau baru akan selalu mengantisipasi informasi terkini dari produk Anda. Apalagi kalau produk ciptaan Anda memuaskan. Lantas, Anda bisa memanfaatkan blog atau media sosial untuk mempublikasikan berita terkini tentang produk Anda. Jangan lupakannewsletter lewat surat elektronik atau e-mail untuk mengirim promosi maupun informasi terkini kepada konsumen.

Ketujuh cara untuk memuaskan konsumen di atas bisa Anda barengi dengan mempelajari ilmu bisnis terkait. Misalnya, dengan mengetahui strategi pemasaran terkini untuk meraih target pasar yang belum bisa Anda raih. Semoga informasi seputar cara meningkatkan kepuasan pelanggan ini bermanfaat!

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>