7 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Busana Muslim
12 January 2016
Category:
Service Excellence Views: 610
Comments: 0

7 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Busana Muslim

 

Saat ini Potensi industri kreatif busana muslim di Indonesia sangatlah besar. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dan kekayaan warisan budaya di bidang busana, Indonesia memiliki keunggulan untuk menjadi kiblat busana muslim dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Sebutlah beberapa brand terkenal seperti Elzatta, Rabbani, Zoya, dll. Belum lagi beberapa designer hijaber seperti Zaskia Sungkar, Ria Miranda, Jenahara, Dian Pelangi , dll.

Dengan tumbuhnya bisnis busana muslim , tentu saja menimbulkan kompetisi baru antar brand. Kompetisi selalu menghadirkan tantangan baru antar pemilik brand.

Ada beberapa tantangan dalam busana muslim :

1. Desain yang menarik

Desain yang menarik adalah hal utama untuk membuat pelanggan terkesima dan menyukai brand tersebut. Tidak semua desain cocok untuk semua orang. Saat ini terbentuk beberapa segmen berdasarkan selera pasar. Warna cerah akan disukai oleh pelanggan Dian Pelangi. Sementara dominansi warna hitam akan disukai oleh pelanggan Jenahara. Sementara warna pastel akan disukai oleh pelanggan Ria Miranda

2. Pelayanan Pelanggan.

Setelah pelanggan tertarik dengan desain atau keunikan masing – masing brand, tantangan berikutnya adalah mempertahan kesetiaan pelanggan. Karena dengan            semakin bermunculan brand baru, pelanggan bisa saja berpindah kelain hati.

Kadang hal sepele yang membuat pelanggan beralih ke brand lain . Misal :

  • Pengiriman barang yang terlambat.
  • Customer Service tidak ramah
  • Informasi produk tidak lengkap atau tidak up to date.
  • Pelayan toko tidak bisa handling complain dengan baik

Berikut 7 cara untuk mempertahankan pelanggan di busana muslim online:

1. Miliki data pelanggan

Data pelanggan adalah tambang emas Anda. Simpan nama , no telfon & email mereka , sehingga Anda bisa selalu mudah untuk menginformasikan mereka tentang produk baru Anda

2. Kategorisasi Kontak

Kelompokkan kontak Anda, menjadi beberapa bagian.Misal : kelompok calon pelanggan, sudah add pin CS Anda, namun belum beli. Kelompokkan pelanggan setia Anda yang sudah belanja 2-3x.

3. Survey kepuasan

Tanyakan seberapa puas mereka dengan desain produk terbaru Anda atau kualitas jahitan dari produk yang mereka baru beli.

4. Libatkan pelanggan dalam desain

Tidak ada salahnya libatkan pelanggan ketika ingin launching produk baru. Uji coba sample desain produk baru Anda ke beberapa pelanggan loyal Anda.

5. Pola 1 : 3 : 5 : 10

1 hari setelah pengiriman hubungi pelanggan untuk informasikan no resi

3 hari setelah pengiriman cek apakah barang sudah diterima

5 hari setelah pengiriman cek apakah coco dan suka dengan desainnya

10 hari setelah pengiriman cek apakah mau order atau mau dikirimkan katalog bar

 

6. Konfirmasi Pengiriman

Meskipun ini kesalahan dari pihak kurir /jasa pengiriman, ada baiknya dari customer service juga melakukan pengecekan terhadap pengiriman. Misal : dengan menghubungi pelanggan, apakah sudah diterima

 

7. Bales chat dengan cepat.

Pastikan semua customer service online anda membalas dalam waktu kurang dari 5 meit. Kalau lagi banyak chat, pasang status : “slow respon”

 

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>