5 Trik Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Tanpa Harus Sulit
3 March 2016
Category:
Service Excellence Views: 750
Comments: 0

5 Trik Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Tanpa Harus Sulit

Bagi para penjual, pembeli adalah raja yang harus dilayani dengan sepenuh hati. Para pelanggan inilah yang nantinya akan mendatangkan keuntungan maupun kerugian bagi usaha mereka. Hal tersebut tergantung pada pelayanan yang diterima oleh pelanggan sendiri. Apakah mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan atau malah sebaliknya. Inilah mengapa meningkatkan kepuasan pelanggan dirasa perlu, untuk mempertahankan keberadaannya sendiri.

Artinya konsumen tersebut menjadi pelanggan loyal yang tak segan untuk kembali lagi dan lagi. Pelanggan yang loyal akan membantu Anda membangun kepercayaan di antara masyarakat. Kehilangan seorang pelanggan setia akan memperburuk situasi bisnis Anda dan sulit diperbaiki. Walaupun hal ini terjadi sesekali, dampaknya akan mengurangi kepercayaan pelanggan akan usaha Anda. Akan sangat sulit menekan laju respon negatif setelah kepercayaan pelanggan berkurang pada Anda.

Bahkan Anda pun akan kesulitan memperbaiki reputasi yang telah rusak tersebut. Meskipun bisa, tentu perkembangan bisnis Anda tidak semulus sebelumnya, akan banyak rintangan terjal. Untuk itu, menjaga kepuasan pelanggan menjadi kunci sukses dari setiap usaha yang Anda jalani. Setidaknya ada beberapa instruksi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu.

       Lakukan pelayanan pelanggan yang terbaik

Pelayanan masih menempati posisi pertama dari pengembangan loyalitas pelanggan. Mereka yang konsisten menjaga kepuasan pelanggan umumnya akan memiliki bisnis yang selalu berkembang. Percaya atau tidak, pelanggan pun bisa menjadi agen promosi gratisan bagi pengusaha. Tak ada salahnya untuk Anda membentuk sebuah tim khusus yang bertugas melayani pelanggan. Tugaskan mereka untuk menjaga konsistensi dari pelayanan terhadap pelanggan, guna mengetahui kebutuhan konsumen.

       Buat survey pelanggan secara berkala

Anda tentu tidak bisa mengetahui dimana rasanya kekurangan dari pelayanan yang diberikan. Hal ini baru diketahui jikalau salah satu pelanggan melakukan komplain terhadap usaha Anda tersebut. Agar tak terjadi lagi di kemudian hari, cobalah melakukan survey sebagai cara meningkatkan kepuasan pelanggan. Survey ini lebih ditekankan pada ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Lakukan pula akomodir untuk memberikan umpan balik dari respon survey pelanggan tersebut.

       Berikan apapun yang Anda janjikan

service excellenceSatu hal yang pasti, jangan pernah menjanjikan sesuatu yang tidak mungkin Anda lakukan kepada pelanggan. Ada baiknya Anda menguasai dan mengetahui betul apa yang Anda jamin kepada para pelanggan. Entah itu terkait kualitas produk, kenyamanan saat berbelanja, ataupun diskon yang diberikan. Di luar itu, pikirkan kembali ketidakmungkinan yang sulit Anda lakukan dan jangan sampai menjanjikannya. Hal tersebut hanya mungkin membuat pelanggan kecewa dan merasa ketidakpuasan.

       Kuasai proposisi dari bisnis Anda

Siapapun pasti akan merasa lebih percaya dan nyaman saat berbelanja dengan penjelasan yang akurat. Artinya si pemilik ataupun karyawan sudah menguasai bidang usaha dan bisnis mereka dengan sempurna. Setidaknya mereka bisa mempercayai jaminan kualitas yang coba ditawarkan oleh bisnis Anda. Ada baiknya memang Anda melakukan konsistensi pada artikulasi bisnis guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

       Kembangkan program loyalitas

Ada begitu banyak program yang bisa dilakukan untuk memotivasi pelanggan kembali lagi dan lagi. Salah satunya dengan memberikan diskon pelanggan tetap yang akan membuat mereka kembali guna menggunakannya. Tak ada salahnya memang mengirimkan kupon diskon kepada pelanggan setelah pembelanjaan ke sekian. Selain itu, carilah cara lain yang dirasa mampu membuat pelanggan betah berbelanja pada Anda. Cara ini juga efektif untuk menjaga pelanggan melakukan perbandingan harga dengan pihak kompetitor.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>