Tips Menyusun Sales Script
2 May 2012
Category:
Sales Views: 2,721
Comments: 0

Tips Menyusun Sales Script

sales scriptSALES SCRIPT adalah sebuah catatan mengenai segala hal tentang produk dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada proses penjualan/ penawaran dan promosi nya. Hal ini termasuk keberatan atau penolakan calon pembeli, kondisi produk secara keseluruhan dan lain-lain. Sales script sangat penting dalam setiap upaya pemasaran dan promosi. Sederhananya, jika kita telah berhasil menyusun sebuah sales script, artinya kita telah siap mengantisipasi setiap jawaban dan pertanyaan yang mungkin diajukan orang.

Standarisasi dan penguasaan terhadap sales script cukup menentukan berhasil tidaknya sebuah pemasaran produk. Sebagai klien, anda tentu akan memilih pedagang yang mampu menjawab semua pertanyaan dan keberatan anda dengan yakin dan tanpa keraguan, bukan ? Itulah fungsi utama sales script. Agar ujung tombak pemasaran yaitu sales man, yakin, mantap dan mampu memuaskan seluruh pertanyaan dan keberatan yang berkaitan dengan produk yang diajukan oleh konsumen.

Seperti apakah sales script tersebut ? Sampai saat ini belum ada standarisasi baku untuk penyusunan dan komposisi sebuah sales script, akan tetapi daftar berikut ini dapat anda jadikan panduan untuk menyusunnya :

  1. Kenali dan Catat semua pertanyaan dan keberatan yang mungkin timbul.
  2. Bagilah keberatan / penolakan ke dalam kategori-kategori yang lebih spesifik
  3. Catat semua respons yang mungkin bisa anda terapkan untuk masing masing keberatan itu
  4. Cermati, periksa dan teliti kembali respons-respons terhadap setiap keberatan tersebut
  5. Konsultasikan pada yang ahli, seperti apa respons mereka atas setiap keberatan yg telah dicatat
  6. Pilihlah respons terbaik yang bisa anda lakukan untuk setiap keberatan tersebut
  7. Latihlah sales script tersebut berulang-ulang sehingga jawaban atau respons Anda terdengar spontan,meyakinkan dan alami.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>