Teknik Presentasi Yang Mantap Sebagai Seorang Marketer
6 December 2012
Category:
Communication
Sales Views: 4,449
Comments: 1

Teknik Presentasi Yang Mantap Sebagai Seorang Marketer

Teknik presentasi sangatlah penting bagi seorang marketer!

Mengapa hal ini menjadi sangat penting adalah karena seseorang yang bergelut di dunia marketing pasti akan perlu mempresentasikan produk yang akan mereka jual kepada calon pembeli.

Teknik presentasi itu sendiri adalah sebuah ilmu dari bidang ilmu komunikasi yang sangat berperan penting apabila kita ingin menyampaikan sebuah info yang kita miliki kepada orang lain. Kemampuan dalam berkomunikasi untuk mempresentasikan sesuatu harusnya dilakukan secara jelas dan efektif, agar audiens atau orang yang kita presentasikan dapat menangkap dengan mudah informasi apa yang kita sampaikan.

Sebuah teknik presentasi yang baik juga dapat kita gunakan dalam hal pengenalan sebuah produk. Hal ini dapat mempengaruhi terjadinya penjualan yang berujung pada komisi penjualan bagi seorang marketer. Selain itu, seorang marketer yang mahir dalam melakukan presentasi juga akan sangat disegani dalam sebuah perusahaan. Ini dikarenakan perusahaan akan sangat menyukai dan menghargai kerja keras dari staff marketing yang memiliki track record penjualan yang baik.

Sebuah perusahaan besar sangat sering menginvestasikan dana yang cukup besar untuk membekali staff-staff marketingnya yang notabene akan menjadi ujung tombak bagi perusahaan tersebut dengan beberapa teknik presentasi yang baik.

Hal ini dilakukan perusahaan dengan harapan akan terjadi banyak penjualan dari staff-staff marketing yang telah menjalani training khusus tersebut.

Oleh karena itu, kami akan coba memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana sebuah presentasi dapat dikatakan baik dari mata seorang calon konsumen. Dengan memahami sekelumit tentang presentasi yang baik seperti yang tertera dibawah ini, anda bisa mulai mencontohnya dalam presentasi yang akan anda buat. Mari kita simak bersama.

Beberapa hal yang perlu diketahui ketika kita melakukan presentasi antara lain adalah:

  • Posisikan diri kita sebagai seorang konsumen ketika melakukan presentasi:
    maksud dari menjadikan kita juga sebagai konsumen ketika melakukan presentasi adalah agar kita lebih memahami apa yang konsumen inginkan.

    Banyak sekali staff marketing yang hanya memikirkan tentang closing penjualan produk namun tidak memikirkan apa sebenarnya yang konsumen mereka butuhkan.

    Hal ini dapat menyebabkan konsumen kita merasa sedang ditekan atau dipaksa untuk membeli sesuatu yang mereka tidak butuhkan sebenarnya.

    Dengan anda menempatkan posisi sebagai seorang konsumen ketika melakukan presentasi, anda akan lebih mudah untuk melakukan penjualan karena anda mengetahui apa saja yang konsumen sebenarnya butuhkan.

    Dan lagi, konsumen sendiri akan menghargai anda sebagai seorang staff marketing yang tidak hanya berfikir untuk merampok isi kantong konsumen namun memberikan solusi terbaik untuk menghemat uang konsumen dengan memberikan saran produk terbaik untuk dimiliki.

  • Perbanyak mendengar daripada berbicara:

    ya memang terlihat aneh dan kurang begitu cocok jika kita membaca bagian ini.
    Memang kesan pertama dari seorang staff marketing biasanya adalah paling sering berbicara tentang produk yang mereka ingin tawarkan.
    Namun pernahkah anda ketahui sebenarnya penjualan bisa dengan sangat mudah terjadi dengan hanya kita mendengarkan konsumen kita.
    Dengan mendengarkan apa yang konsumen keluhkan dan inginkan, kita bahkan tidak perlu lagi membuang terlalu banyak waktu dan tenaga untuk menjelaskan terlalu banyak katalog produk yang akhirnya hanya membuat konsumen bosan dan enggan untuk membeli.

    Marilah kita mulai untuk mengerti apa sebenarnya kebutuhan konsumen anda dengan memperbanyak mendengarkan. Catat dan carilah solusinya dengan produk yang pas dengan kebutuhannya. Konsumen akan merasa anda lebih dari seorang marketer biasa, anda akan dianggap seperti seorang sahabat yang mencarikan solusi.

Maka dari itu, mulailah terapkan teknik presentasi yang seperti tertera diatas, saat anda sedang menawarkan produk kepada calon konsumen. Niscaya, omset penjualan akan meningkat drastis dengan lebih memahami apa yang konsumen butuhkan.

Comments

comments

One response on “Teknik Presentasi Yang Mantap Sebagai Seorang Marketer

  1. Kirman Syam says:

    Menguasai teknik presentasi memang bisa menjadi senjata yang ampuh bagi seorang marketer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>