Sukses Strategi Marketing Online Dimulai Dari Riset Awal
12 May 2012
Category:
Sales Views: 1,606
Comments: 1

Sukses Strategi Marketing Online Dimulai Dari Riset Awal

consumer insightDua hal yang harus anda lakukan dan menjadi dasar dari strategi komunikasi marketing adalah, pemetaan permasalahan saat ini dan pendalaman consumer insight. Kedua hal ini diukur menurut dimensi sekarang dan yang akan datang (Current Position and Future Opportunity). Begitu pentingnya riset ini, hingga sangat menentukan berhasil tidaknya kampanye strategi komunikasi yang akan kita lakukan.

Data yang akurat tentang pemetaan masalah dan kebutuhan konsumen secara mendalam (insight) sangatlah dibutuhkan dalam strategi komunikasi online. Mengapa ? Media online adalah media yang dilengkapi dengan tools yang dapat mengukur secara langsung tingkat keberhasilan atau kegagalan suatu kampanye yang kita adakan.

Sebagai pemisalan, produk anda mengalami kegagalan atau kurang laku di pasaran, dan kemudian diteliti, hasilnya bahwa brand awareness yang minim lah yang menjadi penyebab kurang lakunya produk tersebut. Kesimpulan itu didapat berdasarkan hasil riset brand awareness yang menunjukkan produknya kalah jauh dari kompetitor.  Seharusnya, menurut pandangan kami, manager lebih teliti lagi dan kemudian berusaha menggali lebih dalam, apa yang menyebabkan brand awareness produknya rendah. Apakah karena minim frekuensi kampanye, salah konten, salah segmentasi, atau bahkan salah dalam membandingkan data ?

Secara simple, kita harus mengerti benar dimana posisi kita sebelum mengayunkan langkah. Disinilah pentingnya riset pendahuluan yang menyangkut dua hal tadi : pemetaan masalah dan pendataan consumer insight. Tapi, kondisi real yang sering terjadi saat ini adalah, riset pendahuluan seringkali diabaikan dan dilakukan seperlunya karena dianggap akan buang biaya dan waktu.

Sebenarnya riset awal adalah investasi yang justru akan membuat penghematan dan efisiensi. Berdasarkan riset, kita telah mengawali strategi komunikasi online dengan meminimalisir kemungkinan gagal dan mengetahui secara terukur apa yang sedang, dan akan terjadi.

Jangan coba mengayunkan langkah, jika anda tidak tahu harus pergi kemana!

Comments

comments

One response on “Sukses Strategi Marketing Online Dimulai Dari Riset Awal

  1. […] Jangan meninggalkan konsumen begitu saja, meskipun mereka sudah pernah membeli produk Anda. Justru komunikasi harus terus dijalin dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan mereka. Prinsip konsumen adalah raja selalu berlaku sampai kapan pun, apalagi di tengah persaingan yang semakin ketat. Nah, itulah beberapa poin dari pelatihan strategi marketing. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>