21 February 2014
Category:
Sales Views: 309
Comments: 0

Strategi Promosi Untuk Sales Retail

jabattanganPerlukah seorang sales retail melakukan promosi untuk penjualan produknya? Semua sales sebenarnya memerlukan promosi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Bagaimana mungkin seorang calon pembeli mau membeli produk sedangkan mereka tidak mengetahui apakah produk tersebut baik atau tidak baginya.

Salah satu strategi yang paling banyak dijalankan oleh masyarakat sejak dulu untuk memasarkan produk adalah dengan memilih sistem penjualan retail atau penjualan eceran. Strategi pemasaran eceran merupakan suatu kegiatan jual beli barang yang bertujuan untuk penyaluran barang kepada konsumen secara langsung atau kepada konsumen akhir. Pemasaran retail memang menjadi pilihan banyak pengusaha untuk pemasaran produk dan mereka akan menggunakan beberapa sales retail untuk membantu pemasaran agar lebih efektif.

Perkembangan bisnis retail saat ini memang cukup pesat bahkan banyak bisnis retail yang menjadi berkembang lebih besar, anda bisa melihat bisnis retail seperti Alfamart, Indomart, Matahari dan beberapa bisnis retail besar lainnya. Dengan penjualan eceran tersebut maka dengan mudah konsumen bisa mengetahui harga,kegunaan dan dimana mereka bisa mendapatkannya.

Promosi sales retail sangat penting dalam hal pemasaran produk bahkan dengan melakukan promosi mereka bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Bagi perusahaan maupun sales retail promosi yang dilakukan harus dengan strategi yang tepat dan sasaran yang lebih efektif. Promosi yang dilakukan pun harus di imbangi dengan keuangan dan keadaan perusahaan. Pertimbangan terhadap dana dan manfaat dari promosi tersebut harus benar-benar dipikirkan.

Berikut manfaat promosi produk bagi sales retail:

  • Memperkenalkan produk atau jasa baruMasyarakat tidak akan pernah tahu bagaimana produk baru yang keluar dan mereka tidak akan tertarik membelinya sebelum mengetahui apa dan bagaimana produk tersebut. Karena itu bagi sales retail mereka bsia memperkenalkan produk baru melalui beberapa cara seperti halnya promosi melalui internet, brosur atau mengadakan pameran barang atau jasa yang baru tersebut.
  • Memperkenalkan mutu produk atau jasaSekalipun produk atau jasa yang ada saat ini sudah lama dikenal namun belum tentu konsumen mau membelinya. Hal ini terjadi karena konsumen tidak mengetahui mutu produk tersebut, mutu produk baru diketahui oleh masyarakat ketika mereka menggunakannya. Lalu bagaimana cara sales retail agar masyarakat mau menggunakan produk tersebut?Cara yang dilakukan adalah dengan menggadakan promosi kepada beberapa masyarakat dan mereka bisa mencoba produk secara gratis. Setelah mencoba produk barulah mereka mengetahui mutu produk tersebut.
  • Memberikan informasi bagaimana cara menggunakan produk tersebutDengan melakukan promosi maka masyarakat bisa mengetahui bagaimana cara produk tersebut digunakan. Sales retail bisa memperagakan bagaimana produk digunakan kepada masyarakat saat melakukan promosi.

Dengan promosi semua akan lebih mudah, demikian juga dengan pemasaran produk yang dilakukan oleh sales retail. Promosi bisa memudahkan pemasaran produk atau jasa hingga sales bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>