Sales Sebagai Fasilitator
13 November 2015
Category:
Sales
Service Excellence Views: 613
Comments: 0

Sales Sebagai “Fasilitator”

sales sbg fasilitator

“Peran Sales sebagai Fasilitator”

Banyak kendala yang dialami para sales dalam menawarkan produk atau jasanya kepada konsumen. Salah satunya adalah sales mengalami crisis identity. Maksud krisis identitas dalam hal ini adalah, banyak sales yang merasa tidak Percaya Diri atau merasa minder dengan merek produk atau jasa yang dijualnya, dikarenakan merek produk atau jasa yang dijualnya kalah terkenal dengan competitor.

Karena masih ada tertanam mindset bahwa merek produk atau jasa yang terkenal sudah pasti lebih dipilih oleh konsumen, sehingga para penjual merek produk atau jasa yang tidak diunggulkan sudah pasti kalah telak dibandingkan merek yang terkenal.

Padahal saat ini para konsumen sudah sangat cerdas dan selektif dalam memilih produk. Bisa saja konsumen sangat mengenal merek A, namun yang dibelinya adalah merek X. Bahkan bisa saja konsumen menyebutkan merek A, namun yang dimaksudnya adalah merek X. Tahun 2009 McKinsey & Co mengeluarkan model Consumer Decision Journey.

Pada model tersebut digambarkan konsumen akan mengumpulkan informasi dan mengevaluasi seluruh merek yang ada, tidak terkecuali yang terkenal ataupun tidak terkenal. Artinya sehebat apapun merek, tetap akan dievaluasi dan dibanding-bandingkan oleh konsumen.

Karena setiap merek pasti dievaluasi konsumen, maka penjual jadi punya peluang yang makin besar untuk membantu proses evaluasi tersebut. Dan disinilah peran besar penjual sebagai fasilitator yang membantu merekomendasikan produk yang sesuai kebutuhan konsumen. Sehingga konsumen merasa puas karena mendapatkan produk yang benar – benar sesuai dengan kebutuhannya, bukan karena tergiur iming-iming merek produk yang terkenal.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>