Jenis Media Dalam Online Marketing
7 May 2012
Category:
Sales Views: 1,843
Comments: 0

Jenis Media Dalam Online Marketing

Banyaknya perusahaan / brand yang kini mulai memasuki pasar internet atau internet market, membuat kompetisi dan persaingan online marketing semakin ketat. Namun sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan pemahaman utuh dan menyeluruh tentang konsep memasarkan melalui media online tersebut. Sehingga yang terjadi banyak kesalahan dan kerancuan mengenai konsep, strategi dan praktek online marketing yang tepat.

online marketing

Setidaknya ada tiga jenis media yang dapat dipergunakan dalam online marketing, yaitu : media sendiri, media bersama (social media) dan media lain (advertising sites). Ketiganya ini memiliki karakteristik masing-masing.

  1. Media sendiri adalah media yang dibuat oleh perusahaan/brand. Isi teks, grafis dan segala macamnya bisa diatur sesuai keinginan perusahaan.
  2. Media bersama (social media) adalah media yang dibangun oleh suatu pihak untuk banyak orang dengan kebijakan tersendiri. Ciri khas media ini adalah gratis (tanpa dikenakan biaya untuk penggunanya) dan bersifat interaktif-komunikatif. Ketentuan konten yang dapat kita tampilkan harus disesuaikan dengan aturan atau TOS pemilik media.
  3. Media iklan (advertising sites) adalah media yang mengkhususkan diri untuk menjadi penyebar iklan dalam dunia maya. Biasanya berbayar dengan ketentuan kita dapat mengatur sepenuhnya konten, target, dan market  yang ingin kita tuju.

Dari ketiga jenis itu dapat kita lihat bahwa social media (media bersama) adalah satu-satunya media yang sulit untuk kita kontrol dalam online marketing karena sifatnya yang interaktif (siapapun dapat memberikan konten) baik itu review buruk ataupun menjelekkan promosi yang sedang kita kampanyekan. Ironisnya, media social inilah yang merupakan pasar dengan jumlah terbesar dalam dunia maya. Maka kemampuan mengendalikan media social ini adalah kunci keberhasilan online marketing sesungguhnya. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah membentuk komunitas !

Apa dan bagaimana komunitas itu ?

Dapat anda baca pada tulisan kami selanjutnya “Kekuatan Komunitas dalam Social Media Marketing”.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>