6 Masalah yang Dihadapi Sales
19 November 2015
Category:
Sales Views: 6,715
Comments: 0

6 Masalah yang Dihadapi Sales

Masalah Sales

Masalah Sales

6 Masalah yang Dihadapi Sales

Profesi sebagai seorang Sales adalah sebuah profesi yang sangat terhormat. Bahkan menjadi salah satu profesi termahal. Karena penghasilan seorang sales tidaklah terbatas seperti layaknya kebanyakan profesi yang lain. Karena sebagai sales, semakin banyak produk atau jasa yang berhasil dijual, maka semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

Namun seperti halnya profesi lainnya, pastinya setiap profesi memiliki tantangan dan kendala tersendiri. Berikut merupakan kebanyakan masalah dan tantangan yang sering dihadapi oleh para sales sehingga akhirnya berpengaruh terhadap performa penjualannya.

 Sales Tidak Percaya Diri

Banyak sales yang akhirnya tidak dapat menunjukkan performa terbaiknya, salah satu hal yang menjadi kendalanya adalah sales tidak percaya diri. Maksud dari tidak percaya diri dalam hal ini adalah, Sales tidak percaya diri dengan profesinya sebagai sales, atau sales tidak percaya diri dengan produk atau jasa yang dijualnya.

 

Tentu saja ketika seorang sales sudah tidak percaya diri terhadap profesinya atau terhadap produk atau jasa yang dijualnya, maka akan berpengaruh terhadap performanya dalam menjual produk atau jasanya kepada konsumen.

 Sales Tidak Dapat Membuat Janji Bertemu Yang Efektif

Banyak sales yang sudah memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun kendalanya adalah sulit bertemu dengan klien atau prospek. Bagaimana mau menawarkan penjualan, kalau untuk bertemunya saja sudah sulit?

 

Dalam hal ini banyak sales yang tidak memiliki kemampuan bagaimana membuat janji bertemu yang efektif dengan prospeknya. Sehingga mereka kesulitan untuk bertemu dengan calon prospeknya dan menawarkan produk atau jasanya. Maka penting bagi seorang sales untuk memiliki skill bagaimana membuat janji bertemu yang efektif.

Sales Takut Dengan Penolakan

Dalam hal ini banyak sales yang mengalami hambatan mental dalam dirinya, selain kurang percaya diri, yang menjadi hambatan terbesar sales adalah adanya perasaan takut ditolak oleh prospek konsumennya.

 

Padahal menawarkan produk / jasanya saja belum, namun sudah ada kekhawatiran takut ditolak yang menyebabkan sales menjadi ragu-ragu bahkan tidak jadi menawarkan sama sekali produk / jasanya kepada calon prospek. Dan tentunya hal ini sangat menghambat performa seorang sales.

 

 Penampilan Sales Tidak Meyakinkan

Apa jadinya jika Anda ditawarkan produk seharga puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah atau lebih, namun orang yang menawarkan kepada Anda tampilannya tidak rapih, acak- acakan, bau badannya tidak sedap, wajah dan sikapnya tidak ramah dan tidak bersahabat? Apakah Anda mau membeli produk / jasa yang ditawarkan orang tersebut?

 

Kemungkinan besar Anda tidak akan membeli. Mengapa? Karena Anda tidak yakin dan tidak percaya dengan orang tersebut.  Oleh karena itu penting bagi seorang sales memiliki penampilan yang baik dan memberikan kesan yang baik pula kepada calon konsumennya.

 Sales Tidak Mampu Membangun Hubungan Yang Baik

Apa yang Anda rasakan apabila tiba-tiba ada seseorang yang datang menghampiri Anda, lalu langsung menawarkan barang kepada Anda? Kemungkinan besar Anda akan merasa tidak nyaman bahkan terganggu dengan kehadiran orang tersebut. Sehingga tentu saja Anda tidak membeli barang / jasa yang ditawarkan orang tersebut.

 

Banyak sales yang ketika mereka menawarkan produk / jasanya kepada calon pembeli, mereka langsung saja menawarkan orang untuk membeli dagangannya. Sehingga tentu saja membuat calon pembelinya tidak nyaman dan menolak tawarannya. Karena dalam penjualan yang menjadi faktor penentu orang membeli produk / jasa adalah karena adanya kenyamanan.

 

Oleh karena itu sangat penting seorang sales mampu membangun hubungan yang baik dengan calon pembelinya sehingga membangun rasa nyaman dan kepercayaan dari calon pembelinya.

 Bahasa & Gaya Komunikasi Sales Tidak Meyakinkan

Banyak pula sales yang akhirnya tidak berhasil meyakinkan pembelinya dikarenakan para sales tidak mampu mengkomunikasikan dengan baik manfaat produk atau jasa yang ditawarkannya kepada konsumen. Sehingga konsumen menjadi tidak tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh sales.

 

Oleh karena itu penting sekali bagi para sales untuk memiliki komunikasi persuasive yang baik. Bukan hanya mampu menjelaskan manfaat produk / jasanya dengan baik kepada calon konsumen, namun juga mampu meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk / jasa yang ditawarkan.

 

Beberapa hal tersebut menjadi kendala bagi para sales dalam melakukan penjualan. Bisa jadi para tim sales di perusahaan Anda pun mengalami masalah yang sama.

Faztrack Consulting siap membantu Anda dalam meningkatkan performa tim sales perusahaan Anda. Sehingga performa tim sales Anda meningkat dan tentunya meningkatkan profit perusahaan Anda.

 

Segera hubungi Contact person 0817 084 4840 untuk informasi lebih lanjut. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>