5 Tips Meningkatkan Penjualan Online Anda
2 March 2016
Category:
Sales Views: 394
Comments: 0

5 Tips Meningkatkan Penjualan Online Anda

Meningkatkan penjualan online memang bukan suatu yang mudah bagi para pelaku usaha. Setidaknya dibutuhkan strategi yang ampuh dan efektif untuk tetap bertahan dan sukses. Bahkan seorang enterpreneur pun harus melakukan berbagai cara, inovasi dan sistem untuk bisa dikenal. Tentu tidak ada artinya sebuah produk dan jasa berkualitas bila tak seorang pun mengenalnya. Hal inilah yang memaksa para enterpreneur harus mengenal apa itu marketing sesungguhnya.

Satu hal yang pasti, memperhatikan marketing yang baik bisa menjadi strategi keberhasilan. Untuk itu, ada baiknya Anda tak menyia-nyiakan modal yang telah dikeluarkan pada satu chanel saja. Lihatlah semua kesempatan yang ada untuk menopang angka penjualan dan omset pendapatan. Sayangnya, marketing pun terus berinovasi dan Anda pun harus selalu mengikuti perkembangannya. Sudah seharusnya pula Anda melakukan inovasi produk untuk menarik minat pasar yang luas.

Untuk para penjual online sendiri, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan penjualan online, yakni.

1.   Mintalah konsumen memberikan testimoni mereka

Testimoni pelanggan bisa dijadikan alat untuk menarik minat masyarakat luas. Dengan meletakkan beberapa testimoni positif dari pelanggan di akun media sosial, biasanya perhatian calon pelanggan pun akan ikut positif. Tak sulit memang mendapatkan testimoni ini, selama Anda melayani pelanggan sebelumnya dengan cara baik. Ini semata-mata dikarenakan kepercayaan masyarakat yang berkembang dari testimoni yang Anda miliki.

2.   Gunakan media sosial seefektif mungkin

online-marketingAnda tentu memiliki akun media sosial yang aktif bukan? Manfaatkanlah akun media sosial tersebut untuk memperkenalkan dan mempromosikan usaha yang Anda miliki. Jika Anda memiliki offline shop, cantumkan pula pada media sosial guna meningkatkan penjualan online. Begitu pula dengan diskon dan potongan harga yang diberikan, beritakan kepada masyarakat luas. Jangan lupa untuk mendeskripsikan produk maupun jasa yang ditawarkan pada media sosial milik Anda.

3.   Bentuk kemitraan

Tak ada salahnya membangun kemitraan untuk memperluas pangsa pasar Anda. Merekrut beberapa orang sebagai mitra akan membantu konsumen mereka mengetahui produk dan jasa Anda. Selain itu, mereka pun dapat menguatkan Anda tatkala terjadi masalah atau kesulitan selama menjalani bisnis. Kemitraan semacam ini umumnya dikenal sebagai reseller pada penjualan online dan memiliki syarat tertentu.

4.   Berikan diskon pada pelanggan

Pelanggan loyal akan selalu kembali lagi dan lagi untuk menggunakan brand yang Anda miliki. Mereka tak akan segan-segan menjadi agen promosi gratisan pula untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk itu, jangan sungkan-sungkan memberikan kartu diskon guna menarik perhatian para pelanggan loyal. Cara meningkatkan penjualan online semacam ini bisa dibilang sekali dayung dua tiga pulau terlampau. Anda tak hanya mempertahankan pelanggan, tetapi mendapatkan agen promosi gratis yang tak sungkan menambah pangsa pasar.

5.   Buat sebuah kompetisi menarik

Kompetisi biasanya akan menarik minat banyak orang, terutama mereka yang ingin mencoba. Hal inipun akan dibicarakan oleh banyak orang, terutama pelanggan Anda yang tergabung. Namun ada baiknya membuat mereka tak sekedar penonton ataupun pelanggan, tetapi orang yang terlibat. Buatlah pelanggan Anda tertarik pula untuk mengikuti kompetisi yang diadakan dengan iming-iming hadiah tertentu.

Walaupun Anda sudah melakukan beragam cara guna meningkatkan angka penjualan, rasanya akan kurang jika tidak dibarengi dengan keseriusan. Artinya Anda pun harus serius membangun usaha yang tengah dikembangkan tersebut. Caranya dengan menjaga pelayanan tetap baik kepada para konsumen serta berinovasi. Tips untuk meningkatkan penjualan online ini dirasa paling sesuai dan efisien oleh pakar marketing.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>