5 Cara Ampuh Ini Bisa Meningkatkan Penjualan Produk Anda
1 November 2016
Category:
Sales Views: 630
Comments: 0

5 Cara Ampuh Ini Bisa Meningkatkan Penjualan Produk Anda

 

 

Untuk memperoleh keuntungan banyak, Anda perlu mengetahui cara meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan strategi pemasaran yang akan diterapkan. Sebab, pemasaran atau  disebut juga dengan marketing bukan hanya mempengaruhi keuntungan, tetapi juga kualitas dan imej produk. Ada lima strategi yang bisa diterapkan dalam dunia bisnis, di antaranya adalah:

1. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Poin ini menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan sejak mempersiapkan sebuah usaha. Sebagian besar bisnis membangunoffline shop mereka di kawasan sibuk seperti pusat kota atau mal-mal besar. Jika usaha Anda masih terbilang kecil dan belum sanggup menyewa di tempat mahal, kantin sekolah atau foodcourt universitas bisa menjadi alternatif pilihan. Selain dilewati banyak orang, calon konsumen pun tidak akan kesulitan dalam menemukan tempat usaha Anda. Kemudahan akses membuat tempat usaha Anda mudah dikenali dan berpengaruh pada keuntungan yang Anda peroleh.

2. Mengenal Para Pelanggan dengan Baik

Anda pasti sudah familier dengan frasa ‘Pelanggan adalah Raja’. Tentu saja pelanggan atau konsumen yang datang tidak akan bertingkah bak raja sungguhan. Namun, dalam hal ini Anda harus bisa secermat para pelayan yang mengurus para rajanya. Mereka umumnya sudah tahu keinginan sang raja sebelum diminta. Di dunia bisnis, Anda harus bisa melayani pelanggan sebak mungkin, meski beberapa orang di antara mereka kerap melakukan hal konyol. Anda bisa melakukan riset tentang keinginan pelanggan dan menggunakan datanya sebagai pegangan. Semakin Anda lihai dalam melayani konsumen, semakin sering mereka datang dan dapat meningkatkan penjualan Anda

Harapan Pelanggan

3. Menerapkan Pemasaran Lewat Internet

Supaya bisnis tahan lama, Anda harus mengikuti perkembangan terkini. Salah satu strategi yang sedang tren beberapa tahun belakangan adalah internet marketing. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram kini bukan hanya dipakai untuk bersosialisasi, tetapi juga dalam berbisnis. Anda yang sebelumnya punya offline shop saja bisa mengembangkan target pasar dengan membuka online shop di salah satu media sosial tadi. Pastikan konten di dalamnya, seperti foto atau harga, dicantumkan sesuai dengan yang asli. Bagaimanapun, Anda harus tetap menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Masih berkaitan dengan nomor tiga, Anda harus menjaga hubungan dengan konsumen di media sosial. Apalagi kalau produk Anda sudah dikenal sampai luar kota atau negeri. Opini seorang pelanggan bisa berpengaruh besar terhadap produk Anda. Belum lagi penggunaan jejaring sosial di Indonesia yang bisa terbilang masif. Jika seorang konsumen mengeluarkan kekecewaannya dalam media sosial produk Anda, akan ada banyak orang yang membaca dan tak sedikit pula yang terpengaruh. Lantas, Anda harus cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah tersebut. Supaya lebih terkontrol, buat database pelanggan dan pasang-surut bisnis Anda.

5. Melakukan Promosi Secara Aktif

Langkah terakhir yang dapat Anda terapkan untuk menunjang penjualan adalah promosi. Mungkin masih banyak yang berpikir kalau promosi hanya dilakukan saat launching produk. Padahal, promosi yang dilakukan secara aktif dan berkelanjutan akan sangat mempengaruhi penjualan produk Anda. Maka dari itu, manfaatkan media maupun acara tertentu untuk memperkenalkan produk Anda ke khalayak umum. Selain media sosial, Anda bisa mengikuti pameran atau festival yang berkaitan dengan usaha yang Anda geluti. Terapkan promosi mulut ke mulut yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>