4 FAKTOR EMOSIONAL YANG MEMBUAT PELANGGAN ANDA MEMBELI DARI ANDA
11 February 2016
Category:
Sales Views: 1,258
Comments: 0

4 FAKTOR EMOSIONAL YANG MEMBUAT PELANGGAN ANDA MEMBELI DARI ANDA

Banyak orang yang mengira, bahwa dalam penjualan. Kekuatan produk dan kekuatan presentasi dari seorang sales lah yang sangat menentukan terjadinya closing penjualan. Pendapat tersebut tidaklah salah, oleh karena itu banyak merek dan brand produk atau jasa yang berlomba – lomba dan bersaing menciptakan keunikan dan perbedaan dibandingkan kompetitornya.

Dalam dunia bisnis saat ini faktor pembeda atau faktor unik tadi, atau sering disebut juga USP (Unique Selling Proposition), tentu membuat konsumen lebih mudah mengenali sebuah produk atau jasa. Namun tidak sepenuhnya hal tersebut yang menjadikan seorang konsumen membeli produk atau jasa Anda.

Karena faktor yang memutuskan seseorang membeli sebuah produk / jasa lebih didominasi oleh faktor emosional dibandingkan faktor rasional.

NDZkNzNhYjMtM2FiOC00NzUyLTg3OGQtYzBiMTkyZWM0NzEz-media-2015-01-emotional+buyer

Karena emosi mempengaruhi pikiran manusia jauh lebih cepat dibandingkan dengan berpikir rasional atau logika, maka hampir sebagian besar perilaku manusia ditentukan oleh emosinya. Begitupun dalam dunia penjualan.

Faktor emosi ini pula yang dominan menentukan seseorang dapat memutuskan membeli sebuah produk atau jasa. Ketika seorang penjual mampu memainkan faktor emosi dari calon pembelinya, maka akan lebih mudah baginya untuk membuat calon pembeli tersebut membeli produk atau jasanya.

Berikut Empat Faktor Emosi yang akan menjadikan Pelanggan Anda membeli dari Anda,

  1. 1.     Greed / Ketamakan

Sudah menjadi prinsip dasar emosi manusia memiliki sifat ingin mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu ketika menjual, berikanlah penawaran dengan menggunakan prinsip “Jika Saya membeli Sekarang, Saya akan Untung.”

shopping-addict

Contoh :

Berikan penawaran dengan memberikan Nilai lebih.

-       Beli Odol Gratis Sikat Gigi.

-       Beli Kompor Gratis Panci

-       Beli 2 Gratis 1

Jadikan pembeli Anda berpikir bahwa ketika membeli sesuatu ada keuntungan lebih yang didapatkan. Yang akan menjadikan pembeli Anda tidak perlu berpikir lama untuk segera membeli produk / jasa Anda karena ada keuntungan lebih yang akan didapatkannya.

 

  1. 2.     Fear / Ketakutan

Prinsip dasar emosi manusia berikutnya adalah memiliki sifat ketakutan mendapatkan kerugian. Oleh karena itu, untuk menyentuh faktor emosi ini maka angkatlah ketakutannya dengan menggunakan prinsip “Jika Saya tidak membeli Sekarang, Saya akan Rugi”

 

Contoh :

Berikan penawaran dengan ketakutan akan kehilangan kesempatan

-       Diskon 70% Hanya untuk Hari ini

-       Besok Harga Naik!

Jadikan calon pembeli Anda berpikir ketika tidak membelinya saat itu, maka mereka akan kehilangan kesempatan dan medapatkan kerugian. Sehingga pembeli Anda akan terdorong untuk membeli pada saat itu juga karena menghindari rasa takut akan mendapatkan kerugian atau kehilangan kesempatan.

 

  1. 3.     Altruism / Rasa ingin Berbagi

Salah satu yang menjadi emosi seseorang adalah adanya rasa ingin berkontribusi atau ingin memberikan manfaat kepada orang lain. Faktor emosi ini dapat disentuh dengan menggunakan prinsip “Jika Saya membeli Sekarang, Saya dapat Membantu yang Lain.”

image

Contoh :

Berikan penawaran dengan mengangkat pesan emosional akan ada orang lain yang terbantu ketika membeli atau menggunakan produk / jasa tersebut.

-       Setiap membeli 1 buah Pasta Gigi, sama dengan telah membantu memberi makan 1 orang yang Kekurangan”

-       Setiap membeli produk Botol Air Minum, Sama dengan membantu membuatkan sumber Air bersih untuk Daerah yang Kekeringan Air”

Jadikan calon pembeli Anda merasakan telah berkontribusi membantu orang lain, atau membantu lingkungannya ketika membeli atau menggunakan produk / jasa tersebut. Sehingga mereka tidak berpikir lagi apakah mereka butuh atau tidak butuh, suka atau tidak suka. Namun membeli karena rasa emosi ingin berbagi dan berkontribusi untuk orang lain.

 

 

  1. 4.     Envy / Rasa Iri

Salah satu emosi seseorang adalah adanya rasa tidak ingin kalah dibandingkan dengan orang lain. Faktor emosi ini dapat disentuh dengan prinsip “Jika Saya Tidak Membeli Sekarang, Pesaing Saya akan Menang.”

Contoh :

Berikan penawaran dengan mengangkat Kelangkaan

-       Stok Tinggal 2

-       Hanya untuk 5 Orang Pertama Saja

Jadikan calon pembeli Anda merasakan dengan kelangkaan penawaran tersebut membuat mereka berebut untuk membelinya karena tidak ingin orang lain yang duluan mendapatkannya.

 

Demikian merupakan empat faktor emosi yang akan menjadikan pelanggan Anda membeli dari Anda. Selamat menerapkan keempat faktor emosi tersebut untuk meningkatkan angka penjualan produk / jasa Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>