4 Cara Ini Sukses Meningkatkan Penjualan Anda
1 February 2017
Category:
Sales Views: 471
Comments: 0

4 Cara Ini Sukses Meningkatkan Penjualan Anda

Bagi para pengusaha, omset yang tengah mentok tentu jadi masalah tersendiri. Terlebih jika angka penjualan tak kunjung membaik seiring berjalannya waktu. Mau tak mau hal tersebut membuat si pelaku usaha mencari cara meningkatkan penjualan. Hal ini semata-mata untuk mendongkrak angka penjualan maupun omset yang didapatkan. Selain itu, tentunya mereka pun bisa mengembalikan modal yang telah dikeluarkan saat membuka usaha tersebut.

Verner Harnish seorang praktisi bisnis yang merupakan pakar marketing tak segan-segan mengungkap rahasia dibalik keberhasilan bisnisnya. Beliau menyampaikan setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset usaha. Adapun 4 cara yang bisa diaplikasikan pada usaha Anda sendiri adalah.

1.   Efisiensikan cycle time pada penjualan Anda

Selama ini teknik penjualan seringkali dilakukan dengan cara klasik dan manual. Penjual kerapkali menanti para calon pembeli datang dan tertarik dengan apa yang mereka tawarkan. Hal ini tentu saja memakan waktu serta tidak begitu efisien sebagai cara penjualan. Guna merubah kebiasaan tersebut, tak ada salahnya Anda mencoba sistem jemput bola. Dimana Anda yang mendatangi pembeli seraya menawarkan barang maupun jasa dari usaha Anda.

Mengenal Tujuan Konsep Service Excellent

Sistem jemput bola ini pun sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari direct selling, menawarkan kepada pembeli melalui media sosial yang mereka miliki, hingga menyediakan sales promotion yang langsung terjun ke lapangan. Hanya saja memang ada catatan khuss pada cara meningkatkan penjualan yang satu ini. Anda sebagai penjual harus memiliki waktu yang tepat untuk melakukan pendekatan, sebab cara ini berhubungan langsung dengan privasi pelanggan.

2.   Percaya diri saat mematok harga

Harga seringkali dihubungkan dengan kualitas barang maupun jasa yang ditawarkan. Bagi Anda yang menawarkan barang dengan kualitas terbaik, jangan segan-segan mematok harga tinggi. Tak perlu terburu-buru memberikan diskon ataupun potongan harga tak masuk akal.

Pasalnya hal tersebut akan dinilai sebagai penurunan kualitas ataupun kualitas yang tidak sebanding. Jika Anda memang ingin menyentuh pangsa pasar menengah, lebih baik sedari awal mematok barang ataupun jasa dengan harga rendah.

3.   Lirik semua pintu penjualan yang ada

Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak pintu penjualan yang bisa meningkatkan penjualan Anda. Seiring perkembangan teknologi, media sosial pun menjelma menjadi salah satu cara penjualan yang menguntungkan. Penjualan online dirasa efektif mempertemukan antara penjual dengan pembeli dalam satu waktu. Meskipun demikian, rasanya tak salah jika Anda memiliki sebuah toko offline dengan alamat yang jelas.

Harapan Pelanggan

Toko offline akan membantu membangun kepercayaan calon pembeli akan usaha Anda. Biasanya mereka akan melihat usaha semacam itu jauh lebih serius dan bisa melakukan suatu hal jika terjadi penipuan. Mengingat pangsa pasar Anda memiliki target yang sama, tentu tak ada salahnya membuka semua pintu penjualan yang ada. Terlebih dengan latar belakang, profesi, serta lokasi yang berbeda, tentu akan semakin efektif bila semua cara penjualan dicoba.

4.   Beri perhatian khusus pada konsumen Anda

Pembeli adalah raja, mereka berhak mendapatkan perhatian dari Anda sebagai penjual. Umumnya kebanyakan pembeli akan merasa tersanjung tatkala menerima perhatian khusus dari penjual. Bahkan diharapkan pula penjual membangun komunikasi dua arah dengan para pelanggan mereka.

Jangan sungkan-sungkan untuk melibatkan konsumen jika Anda memiliki resep baru yang harus dicicipi. Begitu pula memberikan produk trial sebagai perhatian khusus untuk meningkatkan penjualan, bisa disebut sebagai trik efektif.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>