18 April 2012
Category:
Sales Views: 3,234
Comments: 0

3 Langkah Membangun Strategi Pemasaran

strategi pemasaranDalam dunia bisnis dewasa ini, kompetisi dan perang strategi adalah sesuatu yang harus dihadapi oleh mereka yang ingin tetap bertahan. Untuk itu, melakukan adaptasi dan selalu up-to-date dengan kondisi pasar serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif merupakan suatu keharusan. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membangun strategi pemasaran efektif :

1. Lakukan survey terhadap produk dan pasar secara berkala maupun insidental

Penelitian pasar secara komprehensif dan berkala dilakukan untuk mengenali kondisi pasar, segmentasi pasar, timing peluncuran produk yang tepat, dan kebutuhan pasar. Penelitian tentang produk dan segala hal yang dibutuhkan oleh konsumen adalah kunci utama strategi pemasaran. Survey dan penelitian insidental disini maksudnya adalah jika pada suatu ketika terjadi keanehan atau penyimpangan data yang cukup signifikan, misalnya penjualan tiba-tiba turun hingga 70% , maka survey dan penelitian harus segera dilakukan.

2. Pantau perkembangan kompetitor.

Memantau perkembangan kompetitor bisnis adalah suatu hal yang harus dilakukan untuk tetap bertahan. Dengan mengetahui kondisi dan perkembangan kompetitor, kita dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk menjaga tingkat persaingan, kestabilan dan pertumbuhan pasar produk kita. Juga sebagai data pembanding untuk meninjau produk dan strategi pemasaran yang telah kita lakukan.

3. Lakukan penelitian mendalam terhadap promosi dan kampanye produk

Pilihlah strategi dan media promosi yang efektif dan efisien. Promosi dan kampanye memakan budget yang cukup besar. Penelitian mendalam terhadap rencana dan strategi pemasaran akan menghemat biaya yang cukup besar jika kita melakukannya dengan benar. Sebelumnya, buatlah beberapa jenis promosi dan kampanye secara terinci, spesifik dengan memperhatikan sasarannya.

Untuk menentukan jenis promosi dan medianya, dibutuhkan data-data yang lengkap dan mempertimbangkan trend media serta segmentasi pasar. Contoh : jika produk kita memiliki segmentasi pasar anak muda, maka promosi melalui situs jejaring sosial dan kampanye melalui konser dan kegiatan anak muda adalah strategi yang efektif dan potensial.

Setelah proses budgeting dan strategi pemasaran dirinci, langkah selanjutnya adalah memastikan orang-orang yang berada di dalam tim promosi dan kampanye adalah orang yang tepat, memiliki kredibilitas dan kapabilitas untuk itu. Bahkan jika perlu, buatlah pelatihan singkat untuk membekali mereka. Jangan lupa untuk selalu melakukan review berkala pada masing-masing jenis promosi dan kampanye, sehingga efektifitas strategi pemasaran dapat selalu kita pantau.

Jika anda dapat mengoptimalkan tiga langkah diatas dengan menerjemahkannya dalam bentuk tindakan nyata, maka stabilitas dan pertumbuhan penjualan akan anda raih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>