Tips Training Karyawan Agar Lebih Berprestasi
1 March 2015
Category:
MotivAKSI
MotivSTORY
Training Views: 685
Comments: 0

Tips Training Karyawan Agar Lebih Berprestasi

Service-excellence-7Bagaimana tips training karyawan agar lebih berprestasi? Membicarakan tentang leadership memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada bahasan mengenai kepemimpinan baik yang berhubungan dengan skill, karakter, sampai tanggung jawab.

Adapun salah satu tanggung jawab seorang pemimpin tidak lain adalah membuat para karyawan menjadi lebih berprestasi. Jelas hal ini penting karena SDM menjadi salah satu aset crucial perusahaan. Bila Anda berupaya meningkatkan potensi karyawan sejatinya Anda sedang meningkatkan potensi perusahaan. Karenanya berikut diberikan beberapa tips mengembangkan prestasi karyawan:

  • Awali dengan Menganalisa dan Mengetahui Kebutuhan Karyawan

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menganalisa dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan para karyawan. Tujuannya supaya mereka mampu melakukan pekerjaan secara optimal, sehingga memberi prestasi membanggakan untuk perusahaan.

Dalam hal ini Anda bisa mengajak diskusi karyawan dan memberikan umpan balik pada kinerja positif yang teah dicapai. Dari hasil diskusi tentunya ada beberapa hal yang bisa menjadi catatan untuk perbaikan. Selanjutnya Anda perlu menentukan target perbaikan yang mesti dilakukan untuk memperbaiki beberapa poin yang memang masih dirasa kurang.

  • Training Karyawan

Training atau pelatihan untuk para karyawan dibutuhkan terutama jika memang didapati adanya kesenjangan yang sangat mencolok terlebih setelah dilakukan diskusi dan pengamatan. Susun program training yang pas sesuai dengan kebutuhan dan jadwalkan waktu khusus untuk melaksanakannya.

Terkait persiapan ini Anda memang mesti sedikit repot misalnya saja terkait persiapan pelatihan karyawan, konsep pelatihan, dan penyediaan modul atau buku panduan. Adapun bila tidak ingin repot kini juga telah ada penyedia jasa training sales, training service excellence, dan tidak terkecuali training karyawan.

  • Jabarkan Apa yang Mesti Dilakukan

Bila selaku pimpinan Anda ingin para karyawan dapat bekerja dan memberi hasil terbaik, maka hal tersebut tidak cukup dilakukan hanya dengan memberi modul atau panduan kerja saja. Seorang pemimpin perlu pula untuk menjabarkan dan mengingatkan apa yang mesti dilakukan seorang karyawan.

Tidak perlu segan berbicara karena pada tahap awal para karyawan memang membutuhkan arahan lebih. Dengan adanya arahan karyawan bisa lebih cepat belajar dan beradaptasi dengan suasana kantor. Selain itu, selalu motivasi para karyawan dan ingatkan akan target-target yang mesti dicapai. Bila para karyawan sukses mencapai target tersebut, sebagai pemimpin jangan lupa memberikan pujian agar mereka lebih semangat bekerja.

  • Berikan Contoh Teladan

Adapun sebagai tips training karyawan yang terakhir agar karyawan lebih berprestasi yaitu dengan memberi contoh teladan yang baik. Contoh baik yang dimaksud disini tentu tidak lain adalah diri Anda sendiri selaku pemimpin. Mulai dari diri sendiri memberi contoh baik kepada para karyawan seperti datang tepat waktu, berpakaian rapi, bekerja secara profesional, dan lainnya. Hal ini sangat membantu untuk proses pengembangan perusahaan kedepannya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>