Tiga Tips Awal Sukses Dalam Online Business
15 May 2012
Category:
MotivAKSI Views: 1,393
Comments: 0

Tiga Tips Awal Sukses Dalam Online Business

sukses online businessSeiring pergeseran pasar yang prospektif saat ini beralih ke dunia maya, hampir seluruh bisnis baik besar maupun menengah dan kecil yang terjun dan memanfaatkan peluang pasar dunia maya dalam perkembangan bisnisnya. Sebelum benar-benar berkecimpung dalam dunia online, ada baiknya anda memperhatikan tiga hal berikut ini :

1. Research & Planning
Riset secara mendalam dan komprehensif serta menyusun perencanaan yang spesifik dan terukur adalah sesuatu yang wajib anda lakukan sebelum terjun ke dunia online. Beberapa contoh pertanyaan untuk diaplikasikan disini, misalnya : apa objective bisnis anda, bidang online mana yang paling tepat untuk bisnis anda, apa saja yang diperlukan untuk bisnis anda, berapa banyak competitor anda, dan seterusnya. Semakin detail dan mendalam riset yang anda lakukan, menunjukkan bahwa anda semakin siap terjun ke dalamnya. Seperti semboyan NAVY Seal : semakin banyak kita berkeringat dalam latihan, maka semakin sedikit kita berdarah dalam pertempuran nantinya.

2. Listening & Monitoring
Mendengarkan konsumen, apapun yang dikeluhkan dan disampaikan adalah salahsatu kunci keberhasilan bisnis. Saat konsumen anda merasa tidak didengarkan oleh anda, maka saat itulah ia berhenti menjadi pelanggan anda. Dengan mendengarkan kita bisa mengetahui posisi, kekurangan dan kelemahan kita dalam pasar, dan ini adalah nilai yang sangat berharga untuk memulai perbaikan secara berkesinambungan. Jadi jangan pernah menutup telinga anda untuk konsumen.

Monitoring disini maksudnya adalah, dalam bisnis online, kita harus selalu up-to-date dengan isu terkini dan perkembangan pasar. Pengetahuan dan pemahaman kita akan kondisi pasar dan konsumen akan sangat berharga bagi perkembangan brand kita. Monitoring juga merupakan bagian yang wajib anda lakukan agar pengendalian citra brand dapat terus dilaksanakan, khususnya dalam lingkup media social online.

3. Join Into Social-Talk
Media sosial menyajikan jalur komunikasi percakapan yang sangat plural. Oleh karenanya, bergabung dan menjadi bagian dari percakapan tersebut adalah sangat signifikan untuk menjaga reputasi brand. Dalam membangun komunikasi dalam media social ini setidaknya  ada tiga hal yang perlu anda perhatikan :

  • Prepare topik yang ingin dijadikan bahan percakapan (mirip ada perencanaan dalam editorial surat kabar). Alihkan bila terlalu jauh menyimpang dari pembahasan awal.
  • Komitmen. Senantiasa muncul dan menjaga kontinuitas serta frekuensi dalam percakapan. Jangan hanya muncul sekali-sekali lalu hilang lagi. Apalagi kalau banyak orang bertanya seputar merek maupun produk.
  • Bersikap transparan. Tunjukkanlah  secara transparan apa yang Anda kerjakan di dunia offline. Apalagi umumnya pelanggan media social sudah sangat cerdas dan well-informed.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>