10.000 Jam Terbang
28 March 2011
Category:
MotivAKSI Views: 1,445
Comments: 0

10.000 Jam Terbang

jam terbangTahun lalu nonton final piala AFF ? berharap Indonesia menang kah waktu itu ? Ya iya lah…

Dalam setiap pertandingan tentu saja ada harapan atas kemenangan. Walaupun.. suuuuka tidak suka, mauuuuuu tidak mau, konsekuensi dalam pertandingan adalah ada yang memang dan ada yang kalah. Betul sahabat ?

Ada istilah “yang penting adalah menang dalam peperangan bukan di pertempuran”. Lha apa bedanya pertempuran dan peperangan ? sama aja kaya’ nya. Dulu saya pikir juga sama, ternyata perang adalah kumpulan dari beberapa peperangan.

Dalam hidup, tentu peperangan yang dimaksud bukan harus berarti gontok-gontokan dengan musuh atau kompetitor. Bukan berarti sikut-sikutan dengan rekan kerja. Bukan berarti saingan untuk mendapatkan perhatian seseorang. Bukan juga ingin mengalahkan orang – orang yang pernah meremahkan kita.

Melainkan bagaimana menguasai rasa di dalam diri untuk selalu berada dalam jalur yang tepat dalam pencapaian hidup kita.

Inginkah Anda mencapai atau mewujudkan sesuatu dengan mudah dan cepat ?

Rindukah rasanya untuk menikmati sesuatu yang selama ini Anda idam-idamkan ?

Jika jawaban dari hati terdalam Anda adalah iya, maka teruslah membaca tulisan ini.

Menurut Malcolm Gladwel dalam bukunya ‘Outliers’, untuk berhasil atau sukses diperlukan latihan selama 10.000 jam. Setelah menjalani lama pelatihan selama itu, relatifnya ketrampilan seseorang sudah terbentuk.Atau kita sebut 10.000 jam terbang.

Tiger Wood untuk melatih ketrampilan memukul bola dari pasir di ujung gundukan saja memerlukan waktu 2 tahun. Selama 2 tahun dia hanya berlatih memukul seperti itu. Tiger Wood sudah melakukan sejak umur 4 tahun.

Prestasi yang diukir Tiger Wood dalam dunia golf sangat fantastis karena sejak dia memasuki arena golf profesional pada 1996, Tiger telah memenangi 93 turnamen, yang 71 di antaranya merupakan turnamen rangkaian PGA Tour. Penghasilan Tiger Wood pada 2008 sebesar 127,9 juta dolar atau sebesar Rp. 1,2 Triliun atau 100 miliar/bulan.

Pernahkah Anda melihat,membaca atau mendengar kisah seseorang yang sukses ?Apa yang mereka lakukan ? Orang – orang sukses punya kesamaan mereka punya jam terbang yang sangat tinggi dalam profesi mereka.

Ahmad Dhani, Melly Goeslaw atau Dewi Q sukses dalam menulis banyak lagu – lagu hits.Lagu yang pertama – tama mereka tulis tidak langsung hits, bahkan mungkin sebagian dari kita tidak pernah dengar lagu pertama- tama mereka. Kita mulai tahu nama mereka sejak HITS perdana mereka. Tapi apakah hits perdana mereka adalah lagu pertama yang mereka ciptakan ? tentu tidak..mereka sudah punya jam terbang yang tinggi sebelum lagu ciptaan mereka jadi hits.

Ketika orang melakukan 10.000 jam terbang, setiap neuro system di dalam tubuhnya terlatih untuk bekerjasama untuk memberikan hasil yang terus menerus menuju kesempurnaan. Anthony robbins mengatakan : “ repetition is the mother of the skill”.

So, bagaimana dengan kita ? sudah siapkah kita untuk investasi waktu, tenaga dan disiplin untuk melakukan 10.000 jam terbang demi pencapaian hidup kita ?

Kalau hari ini Anda merasa gagal, itu bukanlah gagal, melainkan Anda sedang memenuhi 10.000 jam terbang Anda.

Jika hari ini Anda lelah, teruslah berjalan..karena 10.000 jam menunggu untuk dilengkapi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>