Tujuan Dari Customer Service Excellence Training Manual
11 May 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 2,541
Comments: 1

Tujuan Dari Customer Service Excellence Training Manual

Customer service excellence training manual bertujuan untuk menghasilkan customer service yang profesional akan sangat berpengaruh terhadap hubungan suatu perusahaan dengan konsumen atau orang-orang lain yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Keprofesionalan customer service tidak didapat secara instan, harus dilatih dan digali agar handal menghadapi konsumen dalam berbagai situasi dengan berbagai permasalahan. Maka dari itu pentinglah mengadakan customer service excellence training manual untuk memberikan skill yang memadai sebelum dilepas untuk berhadapan langsung dengan pelanggan.

Tujuan Dari Customer Service Excellence Training Manual

Menetapkan mind set utama customer service melalui customer service excellence training manual

Customer service berarti memberikan pelayanan terhadap konsumen baik dalam memberikan informasi yang diperlukan atau untuk mengatasi berbagai masalah teknis maupun non teknis yang berhubungan dengan perusahaan.

Maka dari itu mind set seorang customer service haruslah menjalin hubungan baik dengan konsumen, memperkenalkan produk dan layanan perusahaa dengan baik, dan menciptakan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu training  sangat penting untuk menanamkan pola pikir seperti ini.

Menjelaskan dari fungsi dan tujuan dari customer service 

Customer service memiliki misi penting yaitu memastikan konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan karena sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Selain itu fungsi dan tujuan customer service excellence training manual adalah:

  1. Membangun komunikasi yang efektif antara konsumen dengan perusahaan. Customer service adalah wadah bagi para pelanggan melakukan komunikasi secara langsung dengan perusahaan maka dari itu komunikasi yang terjalin haruslah efektif bagi kedua belah pihak.

  2. Memahami kebutuhan pelanggan dengan cara menggali dan menjalin komunikasi yang baik dan sopan. Untuk menindaklanjuti keluhan atau maksud dari konsumen membutuhkan pemahaman yang tepat agar tidak salah treatment.

  3. Menunjukkan sikap positif. Menunjukkan sikap yang positif kepada konsumen berarti juga mewakili keterbukaan perusahaan terhadap masukan dari konsumen. Sikap positif bisa ditunjukkan dengan nada bicara yang sopan dengan gaya yang familiar agar konsumen juga merasa rileks dan dapat menyampaikan maksudnya dengan jujur – customer service excellence training manual.

Mencetak customer service yang profesional dan penuh energi

Tujuan lain dari training ini adalah menghasilkan customer service yang bekerja secara profesional, proaktif, penuh energi, antusias tinggi, dan berintegrasi. Integrasi pada customer service penting karena sesame customer service harus satu suara dalam menentukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Informasi yang diberikan oleh konsumen satu tidak boleh berbeda dengan konsumen. Jika terjadi perbedaan informasi maka bisa-bisa perusahaan dicap sebagai perusahaan yang tidak konsisten dengan informasi yang tidak jelas.

Customer service excellence training manual ini juga bertujuan untuk menambah pengalaman bagi para customer service di samping memberikan skill yang diperlukan. Pengalaman sangat penting bagi customer service untuk menjadi excellent agar bisa memberikan pelayanan yang cepat, bertanggung jawab, ramah, dan menyenangkan.

Comments

comments

One response on “Tujuan Dari Customer Service Excellence Training Manual

  1. […] anggapan tersebut tidak tepat? Alasannya karena seorang customer service wajib membekali dirinya dengan kemampuan komunikasi yang profesional namun tidak terkesan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>