Tujuan dan Manfaat Training Service Excellence
30 March 2015
Category:
Blog
Sales
Service Excellence
Training Views: 4,100
Comments: 1

Tujuan dan Manfaat Training Service Excellence

Tujuan dan Manfaat Training Service ExcellenceTraining service excellence kini semakin dimintai oleh banyak institusi/perusahaan di mana pun berada. Ini tak lain karena kebutuhan akan peningkatan kinerja sumber daya manusia yang berkualitas sudah tak terelakkan lagi, terutama yang berkaitan dengan pelayanan konsumen (costumer service).

Tiap institusi/perusahaan berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya. Berbagai cara dilakukan untuk menggenjot kinerja karyawan. Salah satu cara yang paling umum dilakukan oleh manajemen perusahaan adalah mengadakan pelatihan atau training. Training tidak hanya diikuti oleh karyawan semata namun juga oleh jajaran pimpinan dan manajemen.

Namun kendala utama yang dihadapi oleh organisasi dalam mengadakan pelatihan SDM adalah belum tersedia atau minimnya tenaga ahli yang bisa membantu pelatihan. Maka kehadiran lembaga pelatihan yang dipandu oleh trainer-trainer profesional berpengalaman pun sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi/perusahaan. Pelatihan bagi intitusi/perusahaan ini disebut dengan training service excellence.

Makna Training Service Excellence

Lalu seperti apakah bentuk training ini? Training service excellence merupakan suatu metode dan kiat untuk meningkatkan kemampuan individu dan tim guna memberikan layanan yang berkualitas (quality service) dan tulus pada pelanggan.

Metode yang digunakan dalam melaksanakan training service excellence juga beragam mulai penyampaian materi, diskusi/dialog/tanya jawab, presentasi kelompok, workshop, dan lain-lain. Training ini sangat penting perannya untuk meningkatkan fungsi layanan pada institusi/perusahaan.

Tujuan Training Service Excellence

Tujuan dari pelaksanaan training service excellence secara umum adalah membuka wawasan, imajinasi, inspirasi, dan membangun motivasi serta komitmen kuat bagi SDM dalam memberikan layanan yang prima bagi institusi/perusahaan dan konsumen.

Bagi institusi/perusahaan tujuan training service excellence ini adalah kinerja institusi/perusahaan yang semakin optimal dan citra institusi/perusahaan juga akan semakin meningkat di mata konsumen dan relasi institusi/perusahaan. Akhirnya hal ini akan berimbas pada peningkatan dan kemajuan institusi/perusahaan.

Sedangkan bagi karyawan tujuan training service excellence adalah menambah dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan layanan, mampu mengenali kebutuhan pelanggan, mampu mengatasi berbagai situasi yang pelik, mampu bekerja dalam tim, mampu membina hubungan baik antara pelanggan internal dan eksternal, dan mampu meningkatkan skill dalam memberikan layanan.

Manfaat Training Service Excellence

Layanan suatu institusi/perusahaan akan mencapai tingkat teratas yaitu service excellence jika mampu memberikan layanan prima bagi pelanggan. Guna mencapai tingkat layanan yang semakin berkualitas tersebut cara yang dilakukan adalah membekali segenap karyawan (SDM) dengan pelatihan atau training service excellence.

Manfaat yang diraih dari training service excellence ini adalah peningkatan pengetahun, wawasan, dan informasi seputar layanan prima, mampu bekerja secara individu dan tim, peningkatan kemampuan, skill, dan kualitas karyawan dalam memberikan layanan prima pada konsumen.

Nah, tunggu apa lagi segera tingkatkan layanan prima institusi dan perusahaan Anda dengan mengikuti training service excellence profesional dan sudah berpengalaman.

Comments

comments

One response on “Tujuan dan Manfaat Training Service Excellence

  1. […] yang baik bagi perusahaan. Salah satu manfaat paling besar yang didapatkan perusahaan melalui training service excellence adalah mampu membuat SOP service excellence sendiri yang nantinya akan digunakan pada perusahaan. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>