Tugas Customer Service Rumah Sakit
13 January 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 8,571
Comments: 0

Tugas Customer Service Rumah Sakit

Kepuasan pelanggan akhir-akhir ini menjadi suatu hal yang dianggap sangat penting dalam semua sektor bisnis, baik barang maupun jasa. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa memuaskan kebutuhan pelanggan berarti perusahaan harus memberikan pelayanan yang berkualitas (service quality) kepada pelanggan.

images (8)
Dalam hal ini adalah rumah sakit. Sebagai institusi jasa yang besar, rumah sakit tidak hanya dituntut untuk memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat dengan baik, akan tetapi juga harus mampu bersaing untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik.

Oleh karena itu diperlukan suatu konsep berwawasan pelanggan di mana rumah sakit memusatkan perhatian penuh terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Sebagai penyedia jasa yang memberikan berbagai macam pelayanan bagi konsumen, kepuasan konsumen merupakan tujuan utama yang harus dipenuhi oleh perusahaan.

Mendefinisikan kepuasan pelanggan sebagai perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya.

Jadi untuk meningkatkan kepuasan konsumennya pihak rumah sakit harus meningkatkan kualitas pelayanan customer service di samping aspek fasilitas rumah sakit, peranan dokter dan perawat baik medis maupun non medis. Customer service sangat menentukan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan.

Di samping itu kepuasan pasien atau pelanggan merupakan salah satu parameter mutu pelayanan rumah sakit. Apabila pasien atau pelanggan merasa tidak puas terhadap pelayanannya, maka pasien atau pelanggan tersebut akan memberikan komplain terhadap pihak rumah sakit yang bersangkutan. Ini dikarenakan pelanggan memiliki berbagai macam karakteristik, baik pengetahuan, kelas sosial,
pengalaman, pendapatan maupun harapan yang berbeda-beda sehingga rumah sakit harus berusaha mengetahui apa yang diharapkan pelanggan atau pasien dari produk dan jasa yang dihasilkan.

Oleh karena itu diperlukan suatu layanan bagi pelanggan atau konsumen agar rumah sakit dapat mengetahui dan dapat langsung berhadapan dengan masyarakat atau konsumen melalui bagian customer service.

Customer service diperlukan untuk menampung keluhan, pertanyaan maupun permintaan informasi akan produk, jasa, penerapan, dan masalah teknis yang berhubungan dengan layanan perusahaan. Customer service dalam arti umum berarti orang atau bagian yang berhadapan langsung dengan pelanggan, selain teller dan
security

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>