Training Service Excellence Rumah Sakit
17 September 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 699
Comments: 1

Training Service Excellence Rumah Sakit

training service excellence rumah sakit merupakan titik penting untuk membangun konsep pelayanan profesional dan berkarakter yang selalu mengedepankan kepuasan pasien atau klien. Ditambah lagi oleh persaingan di antara berbagai layanan kesehatan publik yang menimbulkan tantangan baru bagi para pengelolanya.

Pelatihan service excellence juga bertujuan supaya tidak terpaku pada sebuah sistem konvensional yang kaku dan cenderung menyebabkan rasa tidak nyaman bagi para pasien. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan, tingkat kepercayaan akan semakin meningkat. Secara otomatis, reputasi rumah sakit itu pun akan terangkat dan tak diragukan lagi oleh masyarakat untuk dijadikan rujukan.

Training Service Excellence Rumah Sakit

Training Service Excellence Rumah Sakit

Membangun Citra Baru

Rumah sakit memang didirikan untuk menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui fasilitas dan sumber daya manusia yang dimilikinya. Namun sejak beberapa tahun terakhir ini, citra rumah sakit yang serba kaku dan membosankan mulai dikikis demi kualitas pelayanan.

Service excellence akan membangun situasi yang lebih kondusif di antara tenaga medis sehingga masing-masing bisa saling memaksimalkan kinerjanya. Di sisi lain, para pasien dan keluarganya akan merasa lebih nyaman dan tidak semakin terhimpit oleh beban mental akibat memikirkan persoalan kesehatan yang sedang ditangani.

Situasi yang serba kaku dan menegangkan di dalam sebuah rumah sakit memang nyaris tak bisa dihindarkan serta berpengaruh pada tenaga medis dan para pasien. Dituntut untuk bekerja semaksimal mungkin, para tenaga medis bisa saja semakin stres dan terganggu kinerjanya. Taruhannya adalah risiko penyakit yang semakin memburuk dan bahkan nyawa.

Prinsip-prinsip Dasar Service Excellence Rumah Sakit

Pada intinya, setiap pasien dan keluarga yang sedang berada di rumah sakit wajib mendapatkan kepuasan pelayanan yang dibuktikan melalui sistem penanganan, komunikasi, serta fasilitas tersedia. Bahkan semua bentuk pelayanan yang dimaksud sebisa mungkin meninggalkan kesan positif bagi pasien setelah mendapatkan pelayanan dan keluar dari rumah sakit tersebut.

Setiap orang pastinya tak ingin kembali ke rumah sakit karena masalah kesehatan yang dideritanya. Namun yang dimaksud ialah kepercayaan yang telah ditanamkan dalam diri seorang pasien sehingga kelak ia tak perlu bingung mencari rujukan layanan kesehatan.

Prinsip-prinsip dasar dari service excellent di rumah sakit meliputi Attitude, Attention, dan Action. Attitude merupakan landasan utama dari tenaga medis di rumah sakit yang selalu mengutamakan sikap profesional dengan mengoptimalkan pelayanan.

Attention merupakan sikap perhatian kepada semua pasien dan para pengunjung di dalamnya, serta membangun interaksi positif yang hangat. Action merupakan tindakan nyata dari praktik pelayanan yang sesuai dengan bidang dan kapasitas dari masing-masing tenaga medis di rumah sakit dengan tujuan memberikan kepuasan bagi para pasien dan klien.

Itulah tiga prinsip dasar pelayanan profesional yang akan digali dan terus dilatih. Para pekerja medis akan semakin terasah dan matang dalam training service excellence rumah sakit.

Comments

comments

One response on “Training Service Excellence Rumah Sakit

  1. […] Tujuan penyelenggaraan training service excellence tidak perlu dipertanyakan lagi. Terutama bagi perusahaan atau lembaga pemerintahan yang berkaitan dengan layanan publik. Service excellence atau pelayanan prima adalah kebutuhan bagi perusahaan. Tidak hanya mampu meningkatkan penjualan namun service excellence juga erat kaitannya dengan citra perusahaan. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>