Training Service Excellence Indonesia
30 March 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 1,105
Comments: 3

Training Service Excellence Indonesia

Training Service Excellence IndonesiaTraining service excellence Indonesia biasanya dilaksanakan oleh bidang pengembangan sumber daya manusia pada institusi/perusahaan itu sendiri maupun dari lembaga pendidikan pelatihan yang berasal dari luar. Pelatihan diadakan dan diberikan agar pelayanan terhadap konsumen semakin meningkat.

Sebagai intitusi/perusahaan yang menawarkan produk dan jasa pada masyarakat apakah layanan yang selama ini diberikan sudah berjalan optimal? Apakah pelanggan merasa puas atas layanan tersebut? Adakah keluhan atau rasa kecewa dari pelanggan atas layanan yang diberikan?

Kiranya pertanyaan di atas menunjukkan bahwa betapa urgen dan penting suatu layanan diberikan sebaik mungkin kepada konsumen. Sehingga mereka pun terkesan. Jika tidak, maka perlu perbaikan dengan mengadakan peningkatan kinerja melalui lembaga training service excellence Indonesia.

Kebutuhan Institusi/Perusahaan terhadap Training Service Excellence

Di Indonesia, institusi/perusahaan yang kerapkali mengikuti pelatihan atau lembaga training service excellence Indonesia berasal dari institusi/perusahaan milik pemerintah dan dari kalangan swasta (privat/publik) maupun institusi/perusahaan yang bergerak di bidang produk dan jasa.

Service excellence yang ditampilkan oleh institusi/perusahaan tidak hanya meningkatkan kinerja organisasi semakin unggul namun juga untuk membuatnya mampu bersaing dengan institusi lain di Indonesia. Pelayanan prima tidak dapat dipisahkan begitu saja dari pencapaian dan sukses institusi/perusahaan untuk mencapai target atau pun meraih profit.

Konsep service excellence bisa diterapkan pada institusi/perusahaan mana pun yang berhubungan dengan masyarakat (konsumen, klien, pelanggan). Pada dasarnya ada dua bentuk pelayanan pada konsumen yaitu layanan publik oleh institusi pemerintah/swasta dan layanan profit. Pelayanan pada ranah publik merupakan pelayanan yang berbasis pada pemberdayaan (empowering), sementara pelayanan pada wilayah bisnis berorientasi pada profit (keuntungan).

Layanan prima juga berkaitan dengan kewajiban institusi/perusahaan melaksanakan aturan yang ditetapkan pemerintah. Keterampilan memberikan pelayanan tidak hadir begitu saja, namun dibina melalui berbagai pelatihan sumber daya manusia.

Training service excellence Indonesia yang diikuti berkaitan dengan 2 kebutuhan utama institusi/perusahaan yaitu kebutuhan personal (SDM) dan kebutuhan institusional. Keduanya perlu dikembangkan secara optimal dan sinergis.

Tips Memilih Tempat Training Service Excellence

Lembaga training service excellence Indonesia yang baik adalah yang mampu mengemas paket pelatihan secara menarik, efektif, dan interaktif. Nah, dalam memilih lembaga penyelenggara training service excellence ada beberapa hal dan pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Pertama, mengetahui jenis pelatihan atau training yang akan ditawarkan dan akan diikuti. Apakah hanya sekedar training service excellence atau ada pelatihan lain misalnya training pengembangan sumber daya institusi/perusahaan.

Kedua, perhatikan apa tujuan dan manfaat yang akan diperoleh ketika mengikuti training service excellence tersebut. Apakah hanya jangka pendek atau jangka panjang? Tiap lembaga biasanya mempunyai informasi terkait hal tersebut.

Ketiga, pilihlah lembaga training service excellence Indonesia yang tepat dan profesional dengan trainer ahli yang tidak hanya paham terhadap materi namun juga bisa menerapkannya.

Keempat, yang tak kalah penting pula adalah setelah mengikuti training service excellence ini adakah tindak lanjut dari lembaga penyelenggara. Artinya ada jaminan yang diberikan.

Comments

comments

3 responses on “Training Service Excellence Indonesia

  1. […] Pelatihan service excellence atau pelatihan pelayanan prima tidak hanya bermanfaat bagi karyawan tapi juga memberikan dampak yang baik bagi perusahaan. Salah satu manfaat paling besar yang didapatkan perusahaan melalui training service excellence adalah mampu membuat SOP service excellence sendiri yang nantinya akan digunakan pada perusahaan. Untuk membuat SOP service excellence yang nantinya dapat diterapkan di perusahaan, Anda dapat melakukan beberapa cara mudah dengan: […]

  2. […] aktualisasi diri harus menjadi bagian penting dari pengembangan SDM karyawan. Hal ini memang cukup sulit dilakukan jika sebuah perusahaan tidak memfasilitasi dengan […]

  3. […] mendapatkan training service excellence yang luar biasa, Anda harus melihat materi training yang diberikan. Materi training seharusnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>