Training Komunikasi Untuk Perkuat Kerjasama Tim
30 March 2015
Category:
Blog
Communication
Training Views: 1,229
Comments: 0

Training Komunikasi Untuk Perkuat Kerjasama Tim

Training Komunikasi Untuk Perkuat Kerjasama Tim

Training Komunikasi Untuk Perkuat Kerjasama Tim

Training komunikasi merupakan serangkaian pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi kita. Tentu saja ini bukanlah hal yang seharusnya dianggap sepele. Kemampuan berkomunikasi yang kompleks ini, selain membantu kita lebih lancar berkomunikasi di kehidupan sosial sehari-hari, sangat berguna pula apabila kita ingin membangung kerjasama tim yang baik.

Pentingnya Training komunikasi Untuk Kerjasama Tim

Ketika bekerjasama di dalam sebuah tim, kita harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan anggota tim yang lain supaya kerjasama berjalan lancar serta tujuannya tercapai. Terlebih lagi apabila kerjasama tim ini cukup besar dimana di dalamnya terdapat beberapa sub-unit sekaligus.

Dibutuhkan training komunikasi untuk menjembatani kesulitan-kesulitan yang mungkin muncul dalam mewujudkan kerjasama yang efektif. Dengan adanya training komunikasi, para pemimpin maupun anggota grup juga akan mampu mengembangkan kemampuan untuk memahami berbagai karakteristik individu dan subgrup lain, sehingga lebih mudah menentukan langkah intervensi yang tepat di setiap masalah yang muncul.

Aspek Kompetensi Komunikasi

Training komunikasi ini tidak selalu identik dengan bagaimana latihan berbicara yang asertif namun tetap diplomatis dan menyenangkan. Nyatanya, untuk membangun komunikasi yang baik, aspek-aspek kompetensi komunikasi lain juga perlu dikembangkan seperti:

1. Kemampuan mendengarkan

2. Kemampuan membujuk

3. Kemampuan merespons adanya konflik

4. Kemampuan bernegosiasi

5. Kemampuan memfasilitasi

6. Kemampuan presentasi efektif dan public speaking

7. Kemampuan menulis laporan, baik laporan bisnis maupun teknis

Semua aspek tersebut perlu dikembangan tanpa terkecuali. Karena tanpa salah satunya, dapat dipastikan akan muncul beragam misinterpretasi dalam komunikasi.

Permainan Komunikasi

Untuk hasil yang lebih komprehensif, bisa sekali memanfaatkan jasa pemberi training komunikasi ketika butuh pengembangan kemampuan berkomunikasi bagi kelangsungan kerjasama tim. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan apabila sesekali melakukan latihan komunikasi sendiri melalui permainan-permainan, misalnya sebagai berikut:

1. Bentuk Grup Dengan

Mudahnya sih kumpulkan semua orang kemudian beri aba-aba seperti misalnya, “Berkumpulah dengan orang yang lahir di bulan yang sama dengan Anda!” atau “Berkumpulah dengan orang yang memiliki jumlah saudara sama dengan Anda!” Permainan ini tidak butuh banyak dana yang cukup efektif untuk mendorong orang untuk bekerja secara cepat dan efektif.

2. Just Listen

Mendengarkan merupakan aspek kemampuan berkomunikasi yang sangat penting, namun sayangnya sering kali diabaikan oleh orang. Oleh karena itu, latihan ini cukup diperlukan. Caranya pasangkan orang dua-dua, kemudian beri kartu berisi beberapa pilihan topik. Setelah seseorang memilih secara random, dia harus bercerita mengenai apapun yang dirasakan/pendapatnya terhadap topik tersebut selama 3 menit sementara pasangannya mendengarkan. Selanjutnya, pendengar harus merespons dengan cara mengulang saja ringkasan dari ucapan si pembicara selama 1 menit tanpa boleh mendebat/menambahkan dengan opini pribadinya. Lalu gantian dan tukar posisi perannya.

Hal yang penting pula ialah dengan selalu menanyai respons dari anggota tim mengenai kegiatan-kegiatan tersebut agar bisa dijadikan referensi untuk penyusunan training komunikasi selanjutnya.


Klik Request for Proposal untuk mendapatkan penawaran menarik dari Faztrack Indonesia

Request for Proposal

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>