Training HRD di Jakarta
20 April 2015
Category:
Blog
Training Views: 917
Comments: 0

Training HRD di Jakarta

Training HRD di Jakarta

Training hrd – Staff hrd adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas sumber daya manusia suatu perusahaan termasuk dalam hal perekrutan pegawai baru. Untuk merekrut pegawai baru, dibutuhkan wawancara untuk menentukan kualifikasi dan kualitas serta kemampuan calon pegawai apakah cocok atau tidak menempati posisi yang diincar.

Melalui teknik wawancara yang efektif, maka interviewer bisa menganalisa mengenai kinerja calon pegawai di masa lalu kemudian diprediksi kinerjanya di masa depan. Salah satu metode wawancara yang efektif untuk hal ini adalah wawancara behavior atau wawancara perilaku. Untuk dapat menyusun pertanyaan wawancara perilaku, dibutuhkan keahlian untuk mendeteksi kompetensi calon pegawai yang lebih akurat. Berikut adalah detail untuk pelatihan wawancara perilaku.

Tujuan

Pelatihan interview ini wajib bagi Anda yang merupakan manager atau supervisor yang bertanggung jawab terhadap perekrutan calon pegawai baru agar mendapat pegawai yang berkompeten dan berkualitas tinggi.

Apabila dilakukan dengan baik, maka teknik wawancara dengan wawancara perilaku ini dapat menentukan pengalaman, perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan calon secara komprehensif – training hrd.

Berikut adalah cakupan materi yang akan dibahas pada pelatihan interview:

  1. 1. Mengenali format-format dasar wawancara seperti tidak terstruktur, terstruktur, campuran, tekanan, dan perilaku

  2. 2. Menyusun desain wawancara yang tepat sebagai rancangan dasar wawancara perilaku

  3. 3. Memahami tiga tipe keahlian yang akan ketahuan melalui wawancara perilaku yaitu content skill, functional or transferable skill, adaptive atau self-management skill

  4. 4. Mempersiapkan dan menyusun pertanyaan-pertanyaan wawancara perilaku yang mencangkup theoretical questions, leading questions, dan behavioral questions.

  5. 5. Meningkatkan kemampuan observasi selama wawancara berlangsung termasuk tanda-tanda verbal dan non verbal.

Dengan menguasai teknik wawancara perilaku, diharapkan para manager atau supervisor yang bertanggung jawab mengenai kualitas rekrutmen sumber daya manusia, bisa menyaring calon-calon pegawai yang benar-benar memiliki kemampuan, termotivasi, dan memiliki keahlian.

Jika sumber daya manusia suatu perusahaan memiliki kualitas yang tinggi maka secara keseluruhan kinerja perusahaan akan meningkat dan tentu menguntungkan untuk para karyawannya.


Klik Request for Proposal untuk mendapatkan penawaran menarik dari Faztrack Indonesia

Request for Proposal

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>