Building Reputation Management Dalam Social Media
14 May 2012
Category:
Blog
Training Views: 1,733
Comments: 0

Building Reputation Management Dalam Social Media

reputation-managementKesuksesan kampanye penjualan secara online sangat ditunjang oleh perencanaan dan strategi  yang baik. Media online dengan berbagai karakteristik yang unik memang menjanjikan suatu pasar yang prospektif dan luas. Namun ternyata, membangun perencanaan matang dan strategi saja belumlah cukup. Mengapa ? Apapun medianya, bisnis adalah soal kepercayaan atau trust. Dan kepercayaan ini tumbuh tidak dengan sendirinya, melainkan harus ditanam dan dipupuk layaknya tumbuhan.

Salah satu yang menunjang tumbuhnya kepercayaan pelanggan pada anda, adalah reputasi. Ya, reputasi atau citra. Sehebat apapun produk anda, segencar apapun kampanye yang anda lakukan, dan sejitu apapun strategi yang anda terapkan, jika anda memiliki reputasi buruk, semua menjadi percuma. Penjualan anda akan stagnan, kampanye seakan mandeg dan strategi menjadi tumpul. Kenapa ? Target anda adalah pelanggan, jika anda memiliki reputasi buruk, secara otomatis pelanggan akan menutup pintu untuk anda.

Oleh karenanya reputation management adalah hal yang harus anda perhatikan benar-benar, khususnya dalam dunia maya. Apalagi jika kampanye anda menggunakan media social, dimana jalur komunikasi yang terjadi adalah many to many, sehingga dibutuhkan controlling yang ekstra. Berikut ini beberapa  langkah sederhana yang dapat Anda ambil dalam upaya menjaga reputation management dalam kampanye di media social :

1. Terbuka dan responsif terhadap setiap pertanyaan maupun keluhan pelanggan. Salah satu tolok ukur disini adalah kecepatan respons, semakin cepat anda merespons, maka akan menjadi poin plus bagi reputasi anda.

2. Humble, sadarilah bahwa anda tidak akan bisa memuaskan semua orang. Oleh karenanya, bersikaplah rendah hati pada orang yang tidak puas dengan pekerjaan dan jasa Anda. Tanggapilah setiap kecaman dan kritikan dengan sesopan mungkin. Emosi dan berkata kasar membalas kritikan konsumen hanya akan membuat reputasi anda semakin buruk.

3. Lengkapi profil anda dengan seluruh data kontak anda yang ter-update. Informasikan setiap perubahan kontak pada halaman anda. Hal ini menunjukkan keseriusan anda dan sekaligus akan menambah nilai kepercayaan dan mengangkat reputasi anda di mata pelanggan.

4. Gunakan bahasa yang netral, hindari pembicaraan mengenai wilayah sensitive, seperti agama, ras dan lainnya. Jangan pula menunjukkan keberpihakan anda pada sesuatu yang tidak berkaitan dengan produk yang anda kampanyekan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>