TIPS Penjualan Agar Keuntungan Lebih Memuaskan
3 January 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 527
Comments: 0

TIPS Penjualan Agar Keuntungan Lebih Memuaskan

Sebagus apapun sebuah produk, tapi tidak ditunjang oleh strategi pemasaran yang tepat, maka kesuksesan seakan sulit dicapai. Karena terjadi stagnansi pada bisnis tersebut, bahkan bisa saja gulung tikar. Karena tidak tercapai angka penjualan dan margin keuntungan yang diharapkan. Agar produk bisa laris manis di pasaran, apa sajakah tips penjualan yang bisa diterapkan?

tips penjualan

tips penjualan

Melakukan riset pasar

Sebelumnya tentukan dahulu target pasar yang dibidik. Dengan begitu, bisa lebih mudah mengetahui kebutuhan dankeinginan dari calon konsumen bisnis Anda. Riset pasar juga berguna untuk mengetahui para pesaing.

Anda bisa mencermati kekurangan dan kelebihannya. Sehingga produk terbaru Anda bisa memenuhi kekurangannya. Caraini memang membutuhkan kejelian dan biaya tertentu. Tetapi bisa memberikan sumbangsih penting, bagi pengembangan bisnis.

Menetapkan harga yang sesuai

Penentuan harga sangat krusial, apalagi kalau kompetitor bisnis sudah mempunyai produk bagus dan harganya relatif bersaing. Analisa mengenai harga yang tepat, sangatlah penting. Agar bisa berkompetisi dengan berbagai produk lain, yangsudah lebih dulu dikenal dan beredar di pasaran. Kalau harga tidak bisa lebih rendah, berikan nilai lebih lainnya kepada konsumen.

Pengemasan produk

Kesan pertama calon pembeli terhadap sebuah produk adalah pengemasannya. Kalau kemasan terlihat tidak rapi, tidak memperhatikan kebersihan dan desain yang biasanya, kemungkinan sangat kecil menarik konsumen. Tetapi sebaliknya, dengan desain kemasan menawan, rapi dan bersih, konsumen lebih percaya, apalagi produk tersebut adalah produk makanan atau minuman.

Menerapkan cara periklanan yang tepat

Berbagai media bisa menjadi sarana periklanan produk, seperti televisi, radio, suratkabar, majalah, website, media sosialdan sebagainya. Tentukan target pasar, budget iklan dan media yang tepat, agar secara signifikan bisa menunjang penjualan. Tips penjualan ini membuthkan perhatian khusus, karena anggaran yang diperlukan terbilang besar.

Jaringan pemasaran yang luas

Semakin banyak jaringan pemasaran produk, maka semakin banyak orang yang bisa mendapatkan produk dengan lebih mudah. Cara yang bisa ditempuh adalah dengan membuka penjualan secara online dengan membangun toko online, menjalin keagenan dengan pebisnis lain atau reseller, membuka cabang baru di berbagai kota dan lain sebagainya.

Selalu menciptakan inovasi produk

Kalah dalam menciptakan kreasi produk, bisa saja membuat pelanggan mulai melirik produk lain. Karena dirasa lebih menarik dan dianggap bisa memenuhi keinginan konsumen. Berbagai gagasan cemerlang selalu dibutuhkan, untuk pengembagan produk lebih berkualitas, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Termasuk disertai dengan pelayanan yang memuaskan.

Persaingan bisnis yang sangat ketat, memaksa pebisnis harus selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk. Selain itu, juga sekaligus memberikan varian berbeda kepada pelanggan. Sehingga semakin banyak produk yang bisa dinikmati, sesuai dengan selera para konsumennya. Inilah berbagai tips penjualan, yang sangat tepat diaplikasikan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>