Tips Menjalin Kontak Mata ketika Berkomunikasi
26 July 2016
Comments: 0

Tips Menjalin Kontak Mata ketika Berkomunikasi

Posisikan kontak mata Anda dengan tepat ketika perlu berkomunikasi dengan seseorang atau kelompok. Apalagi jika Anda adalah pelaku bisnis yang harus pintar menjalin komunikasi dengan mitra maupun dengan bawahan. Bukan hal yang sulit bagi Anda yang ingin belajar tips bagaimana sebaiknya menjalin kontak mata ketika perlu mengobrol atau berkomunikasi dengan orang lain. Ikuti saja empat tips di bawah ini.

Bagian Area Sekitar Mata yang Perlu diperhatikan ketika Berkomunikasi

air-kencing-obat-sakit-mataAda bagian tertentu pada area sekitar mata yang perlu diperhatikan guna menjalin komunikasi dengan seseorang. Perhatikanlah mata lawan bicara Anda. Saat Anda mengajaknya bicara, tataplah mata lawan bicara tersebut. Dengan begitu, mereka akan merasa dianggap ada oleh Anda.

 

Kemudian jalin kontak mata dengan memperhatikan bagian tengah dari area sekitar mata orang tersebut. Area yang dimaksud adalah kening sebelah bawah. Terkadang lawan bicara akan terasa terintimidasi ketika Anda melihat area tersebut. Karena mereka menilai, Anda begitu serius memperhatikan mereka.

Namun, jangan kemudian terlalu lama memperhatikan area sekitar mata tersebut. Jika terus Anda lakukan, dapat membuat si lawan bicara menjadi merasa risih dengan sikap tersebut. Sehingga Anda disarankan sesekali untuk memperhatikan bagian alis ataupun dahi dari si lawan bicara ketika sedang berkomunikasi dalam waktu lama.

Singkat ataupun Lamanya Anda Berbicara, Usahakan Tetap Jalinlah Kontak Mata

Businesswoman Wearing Glasses

Kunci penting komunikasi langsung dapat berjalan lancar adalah antara Anda dengan lawan bicara menjalin kontak mata. Usahakan Anda tetap menjalin kontak mata dengan mereka.

Mau itu komunikasi singkat ataupun komunikasi yang perlu berjam-jam, tetaplah jalin kontak mata dengan lawan bicara. Hindari untuk tidak menjalin kontak mata. Sebab Anda akan dinilai acuh dan sombong oleh lawan bicara.

Perhatikan Durasi Menjalin Kontak Mata ketika Berkomunikasi

Tidak semua orang akan senang menjalin kontak mata dalam waktu lama ketika berkomunikasi. Begitu juga dengan orang asing, ada perbedaan budaya di antara mereka. Sehingga Anda perlu tahu siapa saja orang yang diajak berkomunikasi. Anda dapat menjalin kontak lama setiap kali berkomunikasi dengan orang berkebangsaan Eropa. Karena mereka memang memerlukan kontak mata lawan bicara ketika berkomunikasi. Namun, jika Anda menjalink kontak mata dengan orang berkebangsaan Asia, jangan lakukan terlalu lama. Jalin kontak mata dengan durasi singkat. Dalam arti, sesekali Anda menjalin kontak mata dengan lawan bicara tersebut dan sesekali tidak.

Ciptakan Suasana Nyaman ketika Berkomunikasi

akrab-dengan-boss

Siapa bilang ketika berkomunikasi hanya mengandalkan kalimat dan kalimat untuk diucapkan. Anda juga perlu menciptakan suasana nyaman untuk menjalin kontak mata.

Jika suasana nyaman, maka Anda dan lawan bicara juga merasa nyaman menjalin kontak mata. Berbeda ketika suasana kaku, maka Anda dan lawan bicara akan merasa sungkan menjalin kontak mata ketika berkomunikasi.

Sehingga ada baiknya ketika Anda perlu berkomunikasi di depan orang, maka kuasai dengan apa yang hendak Anda katakan. Sebagai contoh, jika Anda bertugas melakukan presentasi.

Kunci penting materi presentasi dapat diterima oleh lawan bicara adalah Anda dapat menjalin komunikasi dan kontak mata dengan mereka. Dan ketika Anda menguasai materinya, maka suasana pun nyaman dan kontak mata juga terjalin dengan nyaman pula.

Semoga kini Anda tidak kesulitan lagi untuk menjalin kontak mata ketika berkomunikasi dengan lawa bicara. Karena pada intinya, Anda harus tahu apa yang hendak dikatakan. Dan Anda tahu bagaimana menjalin kontak mata tepat dengan lawan bicara, seperti tips di atas.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>