Teknik Presentasi Yang Baik Dan Benar
19 May 2015
Category:
Blog
Communication
Sales Views: 1,069
Comments: 0

Teknik Presentasi Yang Baik Dan Benar

Pada awalnya teknik presentasi adalah bagian dari ilmu pada bidang multimedia khususnya komunikasi secara visual. Teknik presentasinya pun bermacam ragam, dikatakan menjadi teknik presentasi yang baik dan benar jika cara presentasinya sesuai dengan bidang atau tema apa yang dipresentasikan.

Misalnya mempresentasikan tentang perkembangan sebuah produk dipasaran, maka sang presentator akan menunjukan jenis produknya, menjabarkan bagaimana perkembangan dan nila-nilai yang menunjukan peningkatan produk tersebut dan lain sebagainya.

Teknik Presentasi Yang Baik dan Benar

Teknik Presentasi Yang Baik dan Benar, image

Namun seiring berjalanya waktu terutama saat ini teknik presentasi yang baik dan benar semakin banyak dibutuhkan untuk semua bidang tak hanya bidang multimedia. Teknik presentasi yang baik dan benar justru berhubungan dengan bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain dalam rangka menunjukan maksud kita agar audiens atau peserta dapat mengerti dengan apa yang kita maksud.

Meskipun sepertinya sederhana, ternyata mempresentasikan sesuatu memerlukan teknik tersendiri. Sejauh ini ada beberapa teknik yang dapat dengan mudah diterapkan dalam presentasi agar presentasi berjalan lancar dan maksud kita dapat sampai pada peserta presentasi dengan metode 6P.

Passion

Hasrat atau ketertarikan akan materi yang akan kita presentasikan merupakan metode pertama untuk teknik presentasi yang baik dan benar. Karena sudah sangat jelas jika kita tidak menyukai atau tertarik dengan jenis materi yang akan kita jelaskan pada orang lain, bagaimana kita akan membuat orang lain juga tertarik dan mau mendengarkan materi tersebut? bagaimana kita akan merasa nyaman menyampaikan pada orang lain?

Prepare

Prepare atau persiapan sebelum melakukan presentasi sangat penting untuk dilakukan. Karena presentasi tidak hanya mengandalkan penjelasan dari kita saja melainkan juga membutuhkan dukungan dari media-media lain agar presentasi lebih menarik dan tidak membosankan bagi para audiens.

Partnership

Menjalin kerja sama dalam presentasi dengan seorang presentator yang sudah handal sangat bisa dijadikan ajang belajar teknik presentasi yang baik dan benar. Dengan begitu kita dapat menyerap ilmu bagaimana dia mengendalikan audiens, bagaimana dia menyampaikan isi materi dengan bahasa yang mudah difahami oleh seluruh lapisan audiens.

Property

Perlengkapan yang akan mendukung jalanya presentasi juga sangat mempengaruhi keberhasilan kita mempelajari teknik presentasi yang baik dan benar. Pastikan LCD, pointer, laptop, speaker apakah semuanya sudah siap dalam kondisi normal sebelum kita memulai presentasi.

Practice

Latihan, menjadi kunci utama kesuksesan kita sehingga bisa menampilkan presentasi terbaik. Latihan bagaimana menyampaikan materi dalam kurun waktu terbatas, berlatih menanggapi pertanyaan audiens dan masih banyak lagi yang lainya. Tak ada salahnya juga jika Anda melakukan gladi resik dengan kelompok Anda jika presentasi yang akan dilakukan adalah salah satu presentasi penting. Mintalah pendapat dan masukan bagian atau sisi mana yang harus Anda perbaiki setelah melakukan gladi resik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>