Teknik Presentasi Ppt
23 May 2015
Category:
Blog
Communication
Sales Views: 1,078
Comments: 0

Teknik Presentasi Ppt

Melakukan presentasi menggunakan power point atau ppt adalah hal yang paling banyak dilakukan presentator saat ini. Meskipun ada banyak aplikasi lainya yang lebih menarik tetapi rupanya ppt tidak kehabisan pamornya.

Kemudahan dan status aplikasi ppt yang bisa diterima pada tingkatan atau level masyarakat apapun membuat banyak orang memilih presentasi menggunakan power point atau ppt.

Teknik Presentasi Ppt

Teknik Presentasi Ppt, image

Meskipun telah banyak aplikasi lain yang menyamai cara kerja ppt, rasanya masih belum banyak orang yang bisa sukses melakukan presentasi super sempurna dengan menggunakan ppt.

Apakah hal tersebut dikarenakan teknik presentasi ppt yang susah… hmm sebenarnya buka karena teknik presentasi ppt yang rumit atau susah, melainkan banyaknya orang yang meremehkan mudahnya melakukan presentasi dengan ppt dan menganggap ppt adalah bahan utama dalam presentasi.

Padahal faktanya ppt hanyalah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan kita melakukan presentasi. Oke, mari sejak saat ini kita mulai menanamkan hal tersebut dengan tidak tergantung pada deretan teks pada ppt dengan mengacu pada beberapa jenis teknik presentasi ppt berikut ini.

Teknik Presentasi Ppt10 Slide

Teknik presentasi ppt yang pertama akan saya bagi dengan Anda adalah teknik presentasi ppt dengan hanya menggunakan 10 slide yang isinya mewakili dari semua materi Anda.

Dimulai dari slide pertama yang berisi masalah apa yang akan Anda presentasikan, dilanjutkan slide berikutnya solusi yang akan Anda gunakan, slide berikutnya berhubungan dengan model dari solusi tersebut, lalu slide berikutnya teknologi apa yang akan Anda gunakan, slide berikutnya berhubungan dengan cara penyebaran atau marketing agar orang mengetahui solusi Anda,

slide selanjutnya kompetisi, dilanjutkan dengan tim atau siapa saja yang masuk dalam penyelesaian masalah, lalu slide berikutnya mengenai prediksi jangka panjang, status saat ini terhadap masalah dan slide selanjutnya ringkasan dari semuanya.

20 Menit Saja

Teknik presentasi ppt berikutnya adalah melakukan presentasi dalam waktu 20 menit saja. Artinya bagilah banyak slide Anda dengan waktu 20 menit sehingg Anda memiliki batas waktu mempresentasikan satu slide berapa menit atau detik. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan sisa waktu untuk mengklarifikasi apa yang sudah Anda sampaikan untuk memastikan audiens telah memahami materi yang telah Anda sampaikan.

Cukup 30 Ukuran Font

Karena teknik presentasi ppt harus merangkum semuanya maka teknik berikutnya adalah teknik presentasi menggunakan ukuran font minimal 30. Ukuran tersebut telah disepakati pas karena tidak terlalu kecil. Semakin kecil ukuran font akan membuat audiens semakin malas untuk memperhatikan slide power point yang sudah Anda susun sedemikian cantiknya.

Dan teknik terakhir jangan lupa menggunakan metode right of three yang sudah banyak diketahui oleh para presentator. Meskipun teknik-teknik ini tampak mudah untuk diterapkan, tetap Anda dipastikan memerlukan latihan sematang mungkin agar tidak terjadi kendala yang berarti selama melakukan presentasi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>